Ofan : Ubah Mindset Harus Kejar PNS
Cari Berita

Iklan 970x90px

Ofan : Ubah Mindset Harus Kejar PNS

Wednesday, October 18, 2017


Dompu  NTB, koranlensapos.com *** Generasi muda di Bumi Nggahi Rawi Pahu ini memiliki kecenderungan pola pikir bahwa masa depan yang lebih cerah bila menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS). Para orang tua juga berpandangan demikian. Upaya melakukan lobi-lobi agar anak-anaknya bisa diterima menjadi tenaga honorer di salah satu instansi pemerintahan maupun menjadi Guru Tidak Tetap (GTT) bukan rahasia umum lagi. Meski dengan honor yang sangat minim bahkan tidak menerima sama sekali bukan masalah asalkan setiap tahun tetap mendapatkan SK dari pimpinannya. Dengan SK-SK tersebut, pada saatnya nanti bisa menjadi prasyarat utama untuk menyandang gelar PNS.

Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Dompu, Putra Taufan, SH., MH pada acara Panggung Inspirasi Bisnis yang digelar di Gedung Pemuda Dompu baru-baru ini mengingatkan mindset semacam itu sudah saatnya diubah. Menurutnya banyak jalan untuk meraih kesuksesan bukan harus menjadi seorang PNS. "Mindset seperti itu harus kita ubah," tandasnya. Mengharapkan sesuatu yang instant merupakan suatu budaya yang harus dibuang jauh-jauh oleh para generasi muda. Salah satunya adalah pandangan bahwa menjadi PNS itu enak dan menyenangkan ketimbang menggeluti dunia usaha. "Kita mudah tergiur dengan PNS karena terima gaji 3 juta per bulan padahal banyak utang di bank," kata Ketua KONI Dompu hasil Musorkab Sabtu (14/10) itu.

Menjadi seorang pengusaha, lanjutnya merupakan pilihan yang tepat untuk meraih kebahagiaan dan kesuksesan. Seorang pemuda hendaknya memiliki kreatifitas untuk membuka peluang-peluang usaha baru dan melakukan langkah-langkah inovatif. "Banyak peluang usaha yang bisa dikembangkan di daerah kita dengan memanfaatkan potensi lokal dan kearifan lokal yang ada dan kuncinya dalam menggeluti suatu dunia usaha apapun harus fokus kemudian kreatif dan inovatif sehingga memiliki daya saing," ujarnya mengakhiri. (Amin Dompu)