Gempabumi Kembali Guncang Bima, Tidak Berpotensi Tsunami
Cari Berita

Iklan 970x90px

Gempabumi Kembali Guncang Bima, Tidak Berpotensi Tsunami

Monday, June 4, 2018

Bima, Lensa Post NTB -  Wilayah Bima Kabupaten dan Kota Bima, tadi subuh, senin (4/6/2018) pukul 05.16.49 Wita, diguncang gempabumi tektonik. Kepala Stasiun Geofisika Mataram Agus Riyanto, SP.MM mengatakan hasil analisa BMKG menujukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=4,9. Episenter terletak pada kordinat 8,74 LS dan 118,37 BT atau tepatnya pada jarak 22 km arah Tenggara Dompu NTB pada kedalaman 119 km .

Dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat menunjukkan bahwa wilayah Bima mengalami guncangan dalam skala intensitas II SIG (II-III MMI). Di daerah ini guncangan gempabumi dirasakan oleh beberapa orang. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat aktivitas Subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia.

Hingga pukul 05:54 WITA, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Kepada masyarakat di wilayah Bima dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (Tim Lensa Post NTB - BMKG NTB)