Bupati Dompu Resmi Melepas 164 CJH
Cari Berita

Iklan 970x90px

Bupati Dompu Resmi Melepas 164 CJH

Saturday, July 21, 2018

Dompu, Lensa Post NTB - Bupati Dompu, Drs. H. Bambang M. Yasin melepas secara resmi Calon Jamaah Haji (CJH) asal Kabupaten Dompu. Kegiatan tersebut dilaksanakan dilaksanakan di Pendopo Bupati Dompu Jum'at (20/7) pukul 14.00 Wita. Sebelumnya, seluruh CJH menunaikan sholat Jum'at berjamaah di Masjid Agung Baiturrahman dilanjutkan dengan jamuan makan siang oleh Bupati Dompu di Pendopo.
Bupati Dompu 
Dalam sambutannya pada acara pelepasan itu, Bupati yang masyhur dengan jagung sebagai program unggulannya ini berharap sejak sekarang para calon jamaah haji agar menguatkan niat dan semangat dalam menjalani ibadah. "Tampu'u sanai ake ita doho katenggo ade dan semangat sehingga sampai di sana tetap semangat menjalankan ibadah," himbaunya. Lebih lanjut, HBY berpesan agar memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya untuk menjalankan rukun dan sunnah haji serta amalan-amalan lainnya yang mendapatkan derajat dan pahala yang tinggi di sisi Allah SWT. "Aina maru ncau aka hotel. Kambotopu ibadah," pesannya.
Kepala Kantor Kemenag Dompu 
Diungkapkannya bisa berangkat menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci Makkah Al Mukarromah merupakan panggilan suci dari Yang Maha Kuasa. Karena banyak orang yang mampu dari sisi finansial dan berbadan sehat, tetapi tidak memiliki niat untuk menunaikan Rukun Islam kelima tersebut.

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Dompu, Drs. H. Syamsul H. Ilyas, M. Si dalam laporannya menyampaikan bahwa dhuyufulloh (tamu Allah) asal Kabupaten Dompu yang akan diberangkatkan tanggal 24 Juli menuju Asrama Haji Mataram sebanyak 164 orang. Sebelumnya mereka telah melewati tahapan manasik haji tingkat kabupaten dan kecamatan, dan pemeriksaan kesehatan serta.

Lebih lanjut, Kakan Kemenag mengemukakan daftar tunggu calon jamaah haji Dompu sebanyak  5.554 orang. "Perkiraan masa tunggu paling lama 24 tahun," ujarnya.

Dikatakan H. Syamsul antusiasme masyarakat Dompu untuk menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci amat besar meskipun dengan prnantian yang cukup lama. Hal itu ditandai dengan pendaftaran jamaah haji setiap hari melalui Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) yang dilaksanakan oleh Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Dompu.  "Yang daftar sampai Juni 2018 sebanyak 709 org. 95 persennya adalah petani.

Di akhir laporannya, Kalan Kemenag menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Dompu yang selalu meringankan beban jamaah haji terutama menanggung biaya lokal menuju Mataram dan biaya kepulangan dari Mataram sampai ke Dompu.(emo).