Cegah Penyalahgunaan Narkoba, Kodim 1608/ Bima Gelar Tes Urine dan Sosialisasi P4GN
Cari Berita

Iklan 970x90px

Cegah Penyalahgunaan Narkoba, Kodim 1608/ Bima Gelar Tes Urine dan Sosialisasi P4GN

Wednesday, July 25, 2018

Kota Bima, Lensa Post NTB - Dalam rangka pencegahan penyalahgunaan narkoba dilingkungan TNI, Kodim 1608/Bima bekerjasama Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Bima melakukan tes urine terhadap anggota Kodim dan jajaran. Kegiatan tes urine yang dimulai pada pukul 08.00 Wita di Makodim 1608/ Bima Jl. Soekarno Hatta Kota Bima diawali Dandim 1608/ Bima, Letkol Inf. Bambang Kurnia Eka Putra dan Kasdim 1608/ Bima Mayor Hardani, selanjutnya Anggota Kodim juga di tes urine dengan cara diacak sebanyak 30 orang. Setelah kegiatan pengambilan urine selesai selanjutnya dilakukan pemeriksaan dengan alat tespack yang sudah disiapkan. Selain tes urine yang dilaksanakan di Makodim 1608/ Bima juga dilaksanakan sosialisasi P4GN (Pencegahan, Pemberantasan,Penyalahgunaan,dan Peredaran Gelap Narkoba) bagi seluruh anggota Kodim 1608/ Bima.  
Dandim 1608/ Bima, Letkol Inf. Bambang Kurnia Eka Putra  menyatakan, tes urine ini merupakan bagian dari program Kodim 1608/Bima dalam Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN). “Tes urine ini dilakukan secara mendadak (tiba-tiba) terhadap seluruh anggota Kodim Bima, bertujuan untuk mengetahui kemungkinan adanya anggota yang terlibat narkoba,”ujarnya. Dirinya menambahkan, pelaksanaan tes urine tersebut merupakan upaya internal Kodim dalam mencegah dan memberantas narkoba di tubuh TNI, yang akan dilakukan secara periodik dan bergilir bagi semua prajurit dan PNS di jajaran Kodim 1608/Bima. “Bagi anggota-anggota lain yang belum di tes urine hari ini, akan tetap di tes urine dikesempatan lain, tegas Bambang. “Mudah-mudahan dalam tes urine ini, anggota yang semuanya hadir hasilnya negatif dan tidak ditemukan personel yang positif narkoba,”pungkas Dandim.
Sementara itu, Kepala BNNK Bima, AKBP Ivanto Aritonang, ST mengatakan, bahwa BNNK Bima mengikuti undangan Kodim untuk melaksanakan P4GN, yakni sosialisasi pencegahan narkoba di Bima dilanjutkan dengan tes urine internal dari staf kodim Bima, Ivanto Aritonang menjelaskan bahwa pagi ini yang dites urine ada 30 personil TNI, sesuai dengan alat yang disediakan secara acak, Ia berharap hasil tes urine prajurit TNI ini semua negatif, biar instansi ini fokus pada pekerjaan dan sama-sama kita perangi narkoba, ajaknya.
Senada juga disampaikan Kasi pencegahan dan pemberdayaan masyarakat (P2M) BNNK Bima, Khairul, S.IP, bahwa tes urine ini menurutnya yang paling penting mensterilkan seluruh aparat, tidak terbatas kodim karena aparatur sebagai contoh, karena kita tau hari ini krisis kepercayaan ketokohan. Tujuan kegiatan ini agar terjalin koordinasi yang baik antara dua lembaga negara TNI dan BNN, sehingga ketika ada acara apapun dikemudian hari kita bisa saling sharing, harapannya kedepan BNN dan TNI selalu sinergi, harapnya. (LP.NTB/ AS.01)