Hari Anak Nasional, Masih Banyak Anak Butuh Perhatian
Cari Berita

Iklan 970x90px

Hari Anak Nasional, Masih Banyak Anak Butuh Perhatian

Thursday, July 26, 2018


Dompu, Lensa Post NTB - Hari Anak Nasional (HAN) diperingati setiap tanggal 23 Juli sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 tahun 1984 tanggal 19 Juli 1984. Sejatinya peringatan tersebut merupakan hari yang membahagiakan bagi anak-anak bangsa ini. Memang faktanya banyak anak-anak yang menikmati kebahagian di hari itu. Tetapi tidak dapat dipungkiri, tak sedikit di antara mereka yang justru berada dalam himpitan derita di hari itu. Bukan hari itu saja tetapi setiap saat mereka berada dalam kubangan kesengsaraan. Mereka tidak mengetahui bagaimana nasib masa depannya kelak.

Tak perlu jauh-jauh, salah satu relawan, Bije mengungkapkan di tengah hingar-bingarnya kegembiraan anak-anak menikmati hari bahagia bersama keluarganya di Hari Anak Nasional ini, masih sangat banyak anak-anak yang hidup dalam kemiskinan, penderitaan dan keterbelakangan. Tokoh yang suka bicara blak-blakan ini mencontohkan kehidupan Zaitun, asal Desa Mangge Asi Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu.

Ia hidup di tengah keluarga yang jauh dari kata layak. Rumah kediamannya gubug reot berdindingkan gedhek lapuk, ibunya sakit-sakitan dan ayahnya dengan keterbatasan fisik tak mampu bekerja. Kondisi demikian dirasakan pula oleh Risky, bocah 12 tahun penderita polio sejak lahir yang tinggal di Dusun Samakai Desa Jala Kecamatan Hu'u. Tak jauh dari gubug kediaman Risky, ada pula bayi 9 bulan penderita hydrosephalus yang sangat membutuhkan perawatan segera ke RSUP Sanglah Denpasar Bali agar bayi tersebut tidak mengalami cacat permanen. (LP.NTB/ AS.01)