Isbat Nikah Gratis, PA Dompu Terapkan Sistem Jemput Bola
Cari Berita

Iklan 970x90px

Isbat Nikah Gratis, PA Dompu Terapkan Sistem Jemput Bola

Friday, July 20, 2018

Suharto, S.Ag - Panitera PA Dompu
Dompu, Lensa Post NTB - Itsbat Nikah adalah permohonan pengesahan nikah yang diajukan ke pengadilan untuk dinyatakan sahnya pernikahan dan memiliki kekuatan hukum.  Tujuan dari pengajuan itsbat nikah ini adalah agar perkawinan yang telah dilakukan dinyatakan sah, dan dicatat sesuai dengan keputusan pengadilan. Pengesahan dari pengadilan dibuktikan dengan akta nikah.

Untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat agar mendapatkan akta nikah, maka Pengadilan Agama Kabupaten Dompu menerapkan itsbat nikah prodeo secara gratis dengan sistem jemput bola.

"Kami menerapkan sistem jemput bola untuk memudahkan masyarakat," ungkap Panitera PA Dompu, Suharto, S. Ag.

Dikemukakan Suharto, sistem jemput bola dimaksudkan dengan berkoordinasi dengan aparat desa/kelurahan untuk mendata pasangan suami istri yang belum memiliki buku nikah. Disebutnya itsbat nikah keliling telah dilaksanakan sejak tahun 2014 bahkan PA Kabupaten Dompu pernah bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil)  dan Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Dompu yang dikenal dengan istilah Pelayanan Terpadu (Yandu).

Diakuinya masih banyak  di Kabupaten Dompu yang belum memiliki akta nikah terutama pasutri yang menikah pada era 70-an atau 80-an.  Boleh jadi hal itu disebabkan pernikahan yang dilakukan Pembantu Pegawai Pencatat Nikah (P3N) tidak didaftarkan ke Kantor Urusan Agama (KUA) setempat.

"Karena tidak terdaftar di KUA, akhirnya tidak mendapatkan akta nikah," paparnya.

Dikatakannya, masih banyak pula masyarakat yang menganggap akta nikah itu tidak penting sehingga mengabaikannya. Padahal mau mengurus akte kelahiran anaknya atau mau mendaftarkan haji harus ada buku nikah. Saat mau mengurus sesuatu baru kebingungan," ujarnya.

Lebih lanjut Suharto menyatakan pihaknya siap mendatangi desa-desa untuk melaksanakan itsbat nikah massal. "Pengadilan Agama siap memberikan pelayanan itsbat nikah keliling untuk melayani masyarakat," tandasnya mengakhiri. (LP.NTB/EMO DOMPU)