Jalin Kemitraan Kamtibmas, Polsek Pajo Gelar Apel Awak Pos Kamling 2018.
Cari Berita

Iklan 970x90px

Jalin Kemitraan Kamtibmas, Polsek Pajo Gelar Apel Awak Pos Kamling 2018.

Saturday, July 21, 2018

Dompu, Lensa Post NTB  - Guna menjalin kemitraan dalam pelaksanaan tugas menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) antara kepolisian dengan masyarakat, maka Polsek Pajo melaksanakan kegiatan apel yang diberi nama apel Awak Pos Kamling.
Kasat Binmas Polres Dompu IPTU Sabri Gafur, SH bertindak selaku pembina Apel pada kegiatan yang berlangsung di halaman Mako Polsek Pajo Kamis (19/7) itu. Dalam amanatnya, Sabri menerangkan Apel Awak Siskamling memiliki arti penting dalam menjaga keamanan lingkungan. Karena di dalamnya mengandung keterpaduan dan kemitraan yang baik antara berbagai elemen di masyarakat. "Ada empat pilar penunjang pembangunan di daerah yakni Pemerintah Daerah, TNI, Polri dan keempat peran serta masyarakat," tuturnya.
Lebih lanjut, Kasat Binmas mengharapkan para awak siskamling hendaknya dapat menjadi agen perubahan di desa dan selain itu juga bermitra dengan pihak kepolisian dengan menyampaikan informasi terkait permasalahan, kejadian sekecil apapun sebagai langkah deteksi dini sehingga permasalahan tidak menimbulkan gejolak di masyarakat.

“Kegiatan siskamling ini merupakan wujud sinergitas Polri dan masyarakat untuk berpartisipasi dan peduli meningkatkan kepekaan dan daya tangkal masyarakat terhadap masalah keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing,” ujarnya.

Dilanjutkannya secara garis besar pelaksanaan Apel Awak Poskamling bertujuan menciptakan situasi dan kondisi yang aman, tentram, dan tertib di lingkungan masing-masing serta mewujudkan kesadaran warga masyarakat di lingkungannya dalam pencegahan dan penanggulangan terhadap setiap kemungkinan timbulnya gangguan Kamtibmas.

Kapolsek Pajo IPTU Rodolfo M.De Araujo menambahkan, siskamling juga berfungsi sebagai sebagai forum silaturahmi antar anggota masyarakat satu dengan yang lain yang memberikan nilai kemanfaatan dan semangat kebersamaan.

“Untuk itu, kepolisian selalu berupaya mengajak masyarakat selalu sadar dan peduli terhadap kamtibmas di lingkungananya, dengan harapan masyarakat mampu menjadi polisi terhadap dirinya, keluarga dan lingkungannya sendiri,” imbuhnya.

Di akhir arahannya, kepada seluruh awak kamling yang hadir, Kapolsek Pajo berpesan agar masyarakat selalu meningkatkan peranannya dalam pemeliharaan kamtibmas dan dalam pelaksanaannya agar selalu berkoordinasi dengan pihak kepolisian.(emo).