Klik PEKKA, Ratusan Warga 'Serbu' Kantor Desa Saneo
Cari Berita

Iklan 970x90px

Klik PEKKA, Ratusan Warga 'Serbu' Kantor Desa Saneo

Friday, July 20, 2018

Dompu, Lensa Post NTB - Halaman Kantor Desa Saneo Kecamatan Woja Kabupaten Dompu, Kamis pagi (19/7) hingga siang hari dipadati ratusan warga laki-laki perempuan, tua maupun muda.

Kehadiran warga yang lebih didominasi kaum hawa di kantor desa itu bukan untuk melakukan aksi unjuk rasa, tetapi untuk melakukan pengurusan dokumen-dokumen kependudukan.

Baharuddin, Kaur Perencanaan Desa Saneo mengungkapkan warga Desa Saneo yang belum memiliki buku nikah, kartu BPJS atau dokumen kependudukan lainnya diberi kesempatan untuk mengurus. Begitu pula bila ada kesalahan nama dan tanggal lahir pada KTP maupun Kartu Keluarga dapat melaporkan untuk diperbaiki. "Di sini disediakan layanan informasi dan komsultasi dan diberi rekomendasi untuk dibawa ke instansi terkait," kata Baharuddin.


Marlia, Ketua Panitia yang dikonfirmasi media ini membenarkan hal itu. Dijelaskan Marlia, Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA) Kabupaten Dompu menyelenggarakan kegiatan yang dinamakan KLIK (Klinik Layanan Informasi dan Konsultasi) Hukum dan Perlindungan Sosial. Kegiatan tersebut merupakan kerjasama MAMPU (Program Kerjasama Australia-Indonesia untuk Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan) dengan PEKKA serta dinas/instansi terkait yaitu Dinas Dukcapil, Pengadilan Agama, BPJS dan Dinas Sosial.

Marlia menjelaskan KLIK PEKKA di Kabupaten Dompu dilaksanakan di 3 desa/kelurahan yakni Saneo, Baka Jaya dan Simpasai. KLIK PEKKA bertujuan memberikan layanan informasi dan konsultasi bagi anggota Pekka dan masyarakat umum lainnya terkait permasalahan akses layanan dasar, seperti akses terhadap program perlindungan sosial (BPJS, KIS, program difabel, asuransi lansia, janda dan anak yatim), identitas diri (KTP, KK, Akte kelahiran, akte kematian, akte nikah dan akte cerai) serta kekerasan terhadap perempuan dan anak, mengumpulkan data dan informasi lasus layanan dasar dan perlindungan sosial yang ada dindalam masyarakat.

"Kami sangat berharap informasi yang diperoleh pada saat penyelenggaraan KLIK PEKKA akan dapat menjadi pedoman untuk memperbaiki layanan peelindungan sosial yang lebih berpihak pada masyarakat miskin," harapnya.

Hadir dalam kegiatan KLIK PEKKA tersebut sejumlah pejabat dan staf dari instansi terkait yang bertugas memberikan layanan informasi dan konsultasi kepada masyarakat desa Saneo. Antara lain Drs. Imran (Dinas Dukcapil), M. Zainuddin (BPJS Kesehatan), Suharto, S. Ag (Panitera Pengadilan Agama Dompu), Rukyatil Hilaliyah, SS (Bagian Program Dinsos Dompu). Kegiatan dibuka oleh Sekretaris Kecamatan Woja, Drs. Risman.(emo).