Subhanallah...Kitab Fiqih Ratusan Tahun Ada di Dompu
Cari Berita

Iklan 970x90px

Subhanallah...Kitab Fiqih Ratusan Tahun Ada di Dompu

Thursday, July 26, 2018

Dompu, Lensa Post NTB - Sebuah kitab kuno ditemukan di Kabupaten Dompu. Kitab tersebut diperkirakan berusia ratusan tahun. Kemungkinan penulisan kitab tersebut sebelum ada pembuatan kertas.
Peneliti muda tentang sejarah Dompu, Hendra Cipta, ST mengungkapkan kitab tersebut merupakan kitab fiqih yang kemungkinan besar dibawa oleh para ulama Arab sejak ratusan tahun silam.

"Kitab itu bukan dari kertas biasa tetapi mungkin dari pelepah kurma atau daun lontar," ungkapnya. Hendra memperkirakan kitab itu dibawa ke Dompu jauh sebelum letusan Gunung Tambora tahun 1815 M. "Mungkin sudah ratusan tahun usianya," ujarnya.

Namun sayang tokoh muda yang akrab dengan sapaan Budo ini tidak berani mengungkapkan di mana kitab itu berada karena ia memegang amanah dari pemegang kitab bertuliskan Arab gundul (tanpa harakat) itu agar tidak memberitahukan kepada siapapun juga. Meskipun lokasinya tidak ditunjukkan secara pasti, tetapi berdasarkan keterangan Budo, keberadaan kitab itu ada di  Kelurahan Bada Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu.

"Saya hanya disuruh memfoto saja. Tidak boleh kasih tau siapapun di mana kitab itu berada," imbuhnya.

Berdasarkan keterangan pemegang kitab itu, lanjut Budo, kitab tersebut ditemukan terkubur dalam tanah pada sebuah peti saat penggalian untuk pembangunan pondasi rumah.

"Kata pemegangnya saat ditemukan kitab itu ada petinya tetapi sudah rusak," tuturnya.

Disebutnya kitab tulisan tangan itu sempat dijual kepada orang Jawa oleh yang menemukannya. Namun kemudian ditukar dengan keris oleh pemegangnya saat ini.

 Diterangkan Budo, bagian depan dan belakang kitab setebal 90 halaman itu sudah rusak dimakan usia. Demikian pula bagian pinggir setiap halamannya sebagian sudah hancur.

"Kitab itu menjadi salah satu bukti sejarah masuknya Islam di Kabupaten Dompu ratusan tahun silam," pungkasnya. (LP.NTB/ EMO DOMPU)