Urus BPJS Kesehatan Jangan Tunggu Sakit
Cari Berita

Iklan 970x90px

Urus BPJS Kesehatan Jangan Tunggu Sakit

Saturday, July 21, 2018

Kepala BPJS Kesehatan Dompu
Dompu, Lensa Post NTB - Pengurusan Kartu Indonesia Sehat ke Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan kerap dilakukan oleh masyarakat pada saat anggota keluarga sedang sakit bahkan sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit. Karena itu, Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Dompu, M. Zainuddin menghimbau agar hal itu dilakukan sedini mungkin. Sehingga ketika ada salah satu anggota keluarga mengalami sakit, kartu tersebut telah dikantongi.

Himbauan tersebut disampaikan oleh Zainuddin dalam acara Klinik Layanan Informasi dan Konsultasi Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga (KLIK PEKKA) di Kantor Desa Saneo, Kamis (19/7) lalu.

"Jangan menunggu sakit dulu baru mengurus kartu BPJS Kesehatan," himbaunya.

Himbauan itu disampaikan Zainuddin mengingat masa berlaku kartu BPJS Kesehatan adalah 14 hari setelah mendaftar.  "Aktivasinya 14 hari setelah pendaftaran," jelasnya.

Lebih lanjut Zainuddin mengungkapkan peserta BPJS Kesehatan di Kabupaten Dompu terdiri dari Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang bersumber dari dana APBN sebanyak 109.000 jiwa, PBI dari APBD sebanyak 52.000 dan selebihnya mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS Mandiri.

Dikatakannya, bagi warga yang tidak mampu dan belum memiliki kartu BPJS Kesehatan dapat menghubungi Dinas Sosial Kabupaten Dompu dengan membawa Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari desa/kelurahan.

"Nanti akan dikoordinasikan ke Dinas Kesehatan memgenai penganggarannya," terangnya.

Sementara bagi yang telah memiliki kartu BPJS baik PBI APBN, PBI APBD maupun peserta BPJS Mandiri yang terdapat kekeliruan nama, alamat maupun tanggal, bulan dan tahun lahir dapat mendatangi Kantor BPJS Kesehatan Cabang Dompu untuk dilakukan perbaikan.(emo).