HUT TNI 73, Kodim 1614 Dompu Tanam Mangrove di Pantai Soro Timur
Cari Berita

Iklan 970x90px

HUT TNI 73, Kodim 1614 Dompu Tanam Mangrove di Pantai Soro Timur

Saturday, September 15, 2018

Dompu, Lensa Post NTB - Kodim 1614 Dompu pada Jum'at pagi (14/9) melaksanakan gerakan penghijauan  menanam mangrove di Pantai Soro Timur Dusun Ciu Desa Soro Kecamatan Kempo Kabupaten Dompu. Penanaman mangrove di Pantai Soro Timur tersebut merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT TNI Ke 73 tahun 2018.
Hadir dalam kegiatan tersebut sejumlah pejabat. Bupati Dompu diwakili oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Dompu, Ir. Wahiddin, M. Si. Nampak pula Kapolres Dompu, AKBP Erwin Suwondo, S. IK., M. IK, Ketua Pengadilan Negeri  Tony Wijaya Ansprili, SH, Kepala Kejaksaan Negeri  Dompu Edhy Nursapto, SH, Anggota DPRD Kab. Dompu diwakili, Ketua Persit KCK Cab. XXVIII Dim 1614/Dompu, Ketua TP PKK Kecamatan Kempo,  Camat Kempo, Kepala Desa se Kecamatan Kempo, serta dihadiri oleh sekitar 594 orang peserta penghijauan dengan rincian anggota TNI 168  orang, anggota Polri 38  orang, Persit 64  orang,  KPH 16  orang, Pemda 68  orang, Pelajar 160 dan masyarakat umum sekitar 80 orang.                         
Dalam sambutannya, Dandim 1614 Dompu, Letkol CZi Arief Hadiyanto, S. I.P menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran bapak-bapak dari unsur Forkopimda dan para tamu undangan serta kepada seluruh unsur yang mendukung kegiatan tersebut.

"Pelaksanaan kegiatan Penghijauan kali ini sengaja dipilih tanaman Mangrove karena kita ketahui bersama bahwa sebagian besar pantai di wilayah Kabupaten Dompu ini sudah banyak yang mengalami abrasi sehingga dengan ditanami pohon Mangrove (bakau) akan memperbaiki pesisir pantai yang mengalami abrasi," jelas Dandim. Lebih lanjut Dandim menerangkan hutan mangrove dapat berfungsi juga untuk menjaga garis pantai agar tetap stabil, juga sebagai pengolah bahan limbah hasil pencemaran industri dan kapal di lautan. "Selain itu juga manfaat mangrove juga sebagai penyerap CO2 dan merupakan penghasil O2 terbesar sehingga dapat menyembuhkan penyakit paru-paru," imbuhnya.

 Dandim menyebutkan pula saat ini juga di wilayah Ibukota Jakarta terutama Jakarta Utara sedang digalakkan budidaya Mangrove dan penanaman Mangrove karena dirasakan sangat banyak manfaatnya bagi kehidupan manusia.

Dikatakannya dalam rangka menyambut HUT ke-73 TNI Tahun 2018 Kodim 1614/Dompu melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan salah satu  diantaranya adalah Penghijauan dan masih ada kegiatan lainnya yang akan diselenggarakan dalam rangka memeriahkan HUT ke-73 TNI tahun 2018 tersebut, antara lain pertandingan bola voly antar Kecamatan se-Kabupaten Dompu, pertandingan Catur antar Kecamatan se-Kabupaten Dompu, Bakti Sosial,  Karya Bakti dan kegiatan lainnya.

"Mengakhiri sambutan kami atas nama Keluarga Besar Kodim 1614/Dompu mengucapkan terima kasih atas kehadiran dan partisipasinya mari kita budayakan "Satu Menit Kita Berbuat Kebaikan" Menanam mangrove akan selamanya dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," ucapnya. Kegiatan selesai pukul 10.30 Wita  berlangsung dengan tertib, aman dan lancar. (LP.NTB/ EMO Dompu)