Kapolres Lotim Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Gatarin 2018
Cari Berita

Iklan 970x90px

Kapolres Lotim Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Gatarin 2018

Thursday, September 20, 2018


Lombok Timur, Lensa Post NTB – Kapores Lombok Timur, AKBP Eka Fathurahman, SH, S.IK bertindak selaku Inspektur Upacara pada Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Gatarin 2018, yang bertempat di lapangan Apel Polres Lombok Timur, rabu (19/9/2018). Selain Kapolres, apel diikuti Wakapolres Lombok Timur Kompol Wendi Oktariansyah,S.I.K, Kasdim 1615 Lotim Mayor Inf Arief Aprianto, Kajari Lotim, Kabag Ops Polres Lotim Kompol Syafrudin, Kabag Sumda Polres Lotim Kompol  Cecep Mulyadi,SH, Kabag Ren Kompol Ahmad Sutarman,SH, Ketua KPU Lotim M.Saleh,SH.MH, Ketua Bawaslu Lotim yang di wakili oleh Jumadi, Seluruh Pimpinan Parpol Kabupaten Lombok Timur, Ketua cabang bhayangkari Ranting Polres Lotim.
 
Sementara untuk peserta apel terdiri dari, 1 Pelton gabungan perwira dan para kapolsek jajaran polres Lotim, 1 pelton anggota Kodim 1615/ Lotim, 1 pelton anggota Brimob Subden 2 Den B Labuhan Haji, 1 pelton anggota Dalmas sabhara polres Lotim, 1 pelton anggota Sat Lantas polres Lotim, 1 pelton anggota gabungan staf polres lotim, 1 pelton anggota Bhabinkamtibmas polsek jajaran polres lotim, 1 pelton anggota gabungan sat reskrim,sat Intelkam polres Lotim, 1 pelton PNS polres Lotim, 1 pelton anggota Dinas Perhubungan Kabupaten Lotim, barisan kendaraan Rantis roda 4 dan roda 2 polres Lotim


Kapolri dalam arahan yang disampaikan Kapolres Lombok Timur, AKBP Eka Fathurahman, SH, S.I.K menyampaikan, bahwa apel gelar pasukan ini diselenggarakan di seluruh jajaran dengan tujuan untuk mengecek kesiapan personil,sarana,dan perasarana sebelum di terjunkan untuk melaksanakan pengamanan, menurutnya Pemilu tahun 2019 memiliki komfleksitas kerawanan dan karakteristik yang khas karena untuk pertama kalinya pileg dan pilpres secara serentak. Eka menjelaskan dalam kaca mata kamtibmas,peningkatan intensitas kegiatan politik ini tentunya dapat memunculkan potensi kerawanan di bidang keamanan yg cukup menjadi perhatian polri. Operasi ini diselenggarakan dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif yang di dukung kegiatan Intelijen, penegakan hukum,kuratif,dan rehabilitasi melalui penggelaran fungsi-fungsi kepolisian dalam bentuk satuan tugas tingkat pusat,tingkat daerah,dan tingkat polres.


Pada kesempatan apel gelar pasukan ini selaku kepala kepolisian Negara Republik Indonesia menekankan bahwa : 1. Polri berkomitmen untuk terus bekerja keras guna menjamin penyelenggaraan pemilu 2019 agar dapat berjalan dengan aman,lancar dan damai. 2. Perkuat solidaritas dan sinergitas TNI dan POLRI  guna mewujudkan pemilu yang aman,lancar,dan damai. 3. Jaga Netralitas POLRI dan TNI serta hindari tindakan yang dapat menciderai netralitas TNI dan POLRI dalam penyelenggaraan setiap tahapan pemilu. 4. Kedepankan langkah proaktif dgn mengoptimalkan deteksi dini guna mengetahui dinamika yang berkembang untuk selanjutnya di laksanakan upaya pencegahan dan penanganan secara dini. 5. Dorong seluruh elemen KPU,Bawaslu,Caleg,Parpol,dan masa pendukungnya,pemda,media,tokoh masyarakat,serta pengawas pemilu independen untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diemban sesuai dengan peraturan yg berlaku. 6. Gelorakan deklarasi pemilu damai di masing-masing wilayah dgn mengikut sertakan elmen-elmen yg terlibat dalam penyelenggaraan pemilu. 7. Susun rencana pengamanan secara detail dan laksanakan latihan pada setiap tahapan pengamanan, termasuk dalam menghadapi situasi kontijensi. 8. Lakukan penegakan hukum secara profesional dan proporsional baik terhadap dugaan tindak pidana pemilu yg di selenggarakan melalui sentra gakkumdu,maupun potensi pelanggaran hukum lainnya,guna menjamin kamtibmas yang kondusif. Giat apel gelar pasukan berakhir pada pukul 08.45 wita berjalan aman dan lancar. (LP.NTB/ Tim.Srf)