Tabligh Akbar di Desa Rai Oi, Upaya Wujudkan Pemuda Berkarakter
Cari Berita

Iklan 970x90px

Tabligh Akbar di Desa Rai Oi, Upaya Wujudkan Pemuda Berkarakter

Sunday, October 21, 2018


Bima, Lensa Post NTB – Masih dalam rangkaian kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 103 tahun 2018. Sabtu (20/10/2018) pukul 20.15 wita telah berlangsung tabliqh akbar satgas TMMD ke-103 Kodim 1608/Bima bersama masyarakat kecamatan Sape dan Lambu yang diadakan di halaman mesjid AR Rahman desa Rai Oi kecamatan Sape kabupaten Bima, Tabligh Akbar kali ini mengusung tema " Mewujudkan Generasi Muda Berkarakter dan Bertakwa, Menuju Desa Maju, Sejahtera dan Demokratis", yang dihadiri sekitar 1200 jamaah dengan Penceramah Ust. H.M.Adnin,SQ,M.Pd.


Hadir pada kesempatan tersebut, Dandim 1608/Bima Letkol Inf Bambang Kurnia Eka Putra), Kapolres Bima AKBP Ida Bagus Made Winarta S.I.K, Danramil 03/Sape Kapten inf. Junaid, Kapolsek Sape AKP Syarifuddin Jamal, Muspika, Toga, tomas, todat, pemuda se Kecamatan Sape dan Lambu. Pada Pukul 20:15 Wita acara dibuka dengan kegiatan Marawis dan pembacaan Kalam Illahi serta dilanjutkan dengan laporan ketua Karang Taruna Desa Rai Oi kecamatan Sape Kabupaten Bima. Tepat pada Pukul 21:00 Wita penyampaian sambutan-sambutan dari, diantaranya Sambutan kepala desa Rai Oi yang intinya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh tamu undangan yang hadir atas terselenggaranya acara tabliqh akbar ini dan lebih khusus memberikan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Dandim 1608/ Bima dan Kapolres Bima Kota sebagai inisiator penyelenggaraan acara tabliqh akbar ini.


Selanjutnya, Sambutan Dandim 1608/Bima Letkol inf. Bambang Kurnia Eka Putra menyampaikan latar belakang dari inisiatif diadakannya tabligh akbar dan ucapan terima kasih atas respon positif dari semua pihak. Dandim 1608 Bima mengharapkan untuk memahami makna yang terkandung dalam Surat Al Asr, bahwa manusia adalah kelompok yang merugi kecuali bagi mereka yang beriman dan beramal soleh. Dandim mengharapkan agar apa yang pernah terjadi di masa lalu dapat dijadikan pelajaran dalam melangkah kemasa depan. Kita siapkan diri kita untuk mampu menghadapi segala tantangan dimasa depan, ujar Dandim.


Senada juga disampaikan Kapolres Bima Kota AKBP Ida Bagus Made Winarta S.I.K dalm sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh tamu undangan yang hadir terutama pada panitia penyelenggara dan para anggota Karang Taruna se kecamatan Sape-Lambu dan ucapan terimakasih kepada Dandim 1608/Bima yang memiliki banyak inovasi dalam menciptakan keamanan dalam masyarakat, harapan Kapolres Bima dengan adanya acara ini bisa menyadarkan masyarakat untuk menjaga kantibmas dan tidak melakukan tindakan pidana yang bisa merugikan diri sendiri dan keluarga, di tahun politik ini diharapkan dewasa dalam berdemokrasi sehingga tercipta keamanan

Hingga pada Pukul 21.27 wita, dilaksanakan ikrar pemuda yang diwakili oleh ketua Forum Karang Taruna Kecamatan (FKT) desa se kecamatan Sape dan kecamatan Lambu yang isinya, Ikrar kebangsaan warga kecamatan Sape-Lambu, yakni :
Kami warga Sape dan Lambu dengan ini berikrar:
1. Setia kepada Pancasila, UUD 1945 dan Negara Kesatuan Republik indonesia.
2. Menjaga keamanan dan  kenyamanan di wilayah kami.
3. Mewujudkan kerukunan hidup beragama, bermasyarakat dan berbangsa.
4. Memperkuat kesetiakawanan sosial.
5. Mendukung pembangunan dalam rangka kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat.
Usai pembacaan ikrar oleh FKT Kecamatan Lambu dan Sape, dilanjutkan doa dan zikir bersama yang dipimpin oleh ustad H.Ridwan Umar S.Pd.i, Pukul 21.50 wita dilaksanakan ceramah agama oleh Ust. H.M. Adnin,SQ,MPd yang inti sarinya mengingatkan kita semua untuk menjauhi hal-hal negatif, seperti minuman keras, narkoba dan sebagainya. Disamping itu, Para orang tua agar membina dan mengajarkan serta mengawasi anak-anaknya. Pemuda harus mampu untuk siap menjadi tulang punggung bangsa, pesan HM. Adnin dalam ceramahnya. Hingga pada pukul 22.40 wita seluruh rangkaian acara tabliqh akbar selesai dengan aman dan tertib. (LP.NTB/ Tim)