YBC Gelar Diskusi Publik Bahas Kemiskinan dan Gender
Cari Berita

Iklan 970x90px

YBC Gelar Diskusi Publik Bahas Kemiskinan dan Gender

Tuesday, October 9, 2018


Dompu, Lensa Post NTB - Yayasan Bina Cempe (YBC) menggelar Diskusi Publik membahas kemiskinan dan kesetaraan gender. Kegiatan yang dihelat di aula Bappeda dan Litbang Kabupaten Dompu  beberapa hari lalu itu dihadiri oleh perwakilan dinas/instansi terkait, pegiat LSM dan akademisi. Tampil sebagai narasumber, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Dompu, Hj. Daryati Kustilawati, SE., M. Si, Kabid Sosbud Bappeda dan Litbang Kabupaten Dompu, Jufri, ST., M. Si dan anggota DPRD Kabupaten Dompu, Kurnia Ramadhan, SE.

Direktur YBC, Siti Aisyah Ekawati, S. Ag  mengatakan bahwa diskusi publik dihelat dalam rangka mempercepat pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan khususnya terkait 3 goals yakni goals 1 (pengentasan kemiskinan), goals 5 (kesetaraan gender) dan goals 10 (mengurangi ketimpangan/kesenjangan). "Goals 1, goals 5 dan 10 itu berbicara kepentingan perempuan dan anak," paparnya.

Eka mengemukakan masih banyak kelompok-kelompok termarginalkan dan penyandang difabel (keterbatasan fisik/mental) belum mendapatkan pelayanan yang maksimal dari pemerintah. "Bagaimana agar program pembangunan juga mempertimbangkan kebutuhan mereka," lanjutnya. Dikatakannya  perempuan yang mengalami ketimpangan ekonomi juga masih perlu mendapatkan sentuhan pemerintah melalui program pemberdayaan perempuan agar lebih sejahtera. "Terbukti ada 5 perempuan yang terlibat jadi pengedar narkoba di Dompu. Itu karena kemiskinan," pungkasnya. (LP.NTB/ EMO)