KSB Dilanda Banjir, 3 Jembatan Roboh
Cari Berita

Iklan 970x90px

KSB Dilanda Banjir, 3 Jembatan Roboh

Wednesday, November 14, 2018



Taliwang KSB, Lensa Post - Hujan deras yang mengguyur Kecamatan Sekongkang Kabupaten Sumbawa Barat, senin lalu (12/11/2018) menyebabkan 3 unit jembatan diwilayah tersebut roboh, yakni jembatan Brang Bodo, jembatan tatar loka, dan jembatan limpas antara blok tatar dan liangse. Akibat robohnya jembatan tersebut menyebabkan Desa Talonang Baru Kecamatan Sekongkang terisolir.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbawa Barat, Drs Lalu Azhar kepada Lensa Pos menjelaskan, akibat hujan deras yang menyebabkan banjir, ada beberapa jalan dari Ai keru hingga kokar geronong mengalami longsoran hebat sehingga badan jalan menyempit, selain itu katanya, ada 9 titik pohon tumbang yang menghalangi akses jalan. Mengatasi masalah ini, Tim BPBD Kabupaten Sumbawa Barat melalui Tim Reaksi Cepat (TRC), sejak semalam membersihkan Puing pohon yang tumbang. Ia juga menjelaskan bahwa TRC adalah Tim yang solid di saat ada bencana, Tim bergerak cepat di lokasi kejadian dan di bantu oleh warga setempat. Terkait putusnya 3 jembatan, Kalak BPBD KSB berinisiatif akan membangun jembatan darurat.

Kalak BPBD Sumbawa Barat juga menjelaskan bahwa dirinya telah bersurat ke Gubernur NTB terkait bencana banjir dan tanah longsor yang terjadi di KSB, termasuk merusak akses jalan Provinsi. Lalu Azhar juga berharap,  dalam musim penghujan di harapkan masyarakat selalu waspada terhadap bencana alam dan dihimbau supaya peduli terhadap lingkungan dan kebersihan terutama sampah jangan di buang di sungai agar tidak menyebabkan banjir, ungkapnya. (LP.NTB/ Rozak)