Mayor Inf. Hardani : Kemah Bhakti Pramuka Akan Diikuti 800 Peserta
Cari Berita

Iklan 970x90px

Mayor Inf. Hardani : Kemah Bhakti Pramuka Akan Diikuti 800 Peserta

Saturday, November 10, 2018


Lambu Bima, Lensa Post NTB – Masih dalam rangkaian Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 103 Kodim 1608/ Bima tahun 2018. Kodim 1608/ Bima akan menggelar Kemah Bhakti yang diikuti sedikitnya 800 peserta Pramuka, yakni Satuan Karya Pramuka (Saka) Wira Kartika Kodim 1608/ Bima bekerjasama dengan kwartib cabang Pramuka Kecamatan Lambu, Sape, Wawo dan Kecamatan Langgudu. Menghadapi kegiatan kemah bhakti yang dibuka resmi hari ini oleh Dandim 1608/ Bima, sabtu (10/11/2018), Panitia telah memantapkan persiapan tersebut, diantaranya lokasi tempat kemah bhakti di Desa Lambu Kecamatan Lambu Kabupaten Bima, pemasangan tenda, hingga MCK daruratpun telah dipasang. 

Kasdim 1608/ Bima selaku penanggung jawab di lapangan, Mayor Inf. Hardani menjelaskan bahwa Kemah Bhakti Pramuka akan diikuti sedikitnya 800 Pelajar dari 4 Kecamatan di Kabupaten Bima, menurutnya, Generasi ini membutuhkan pendidikan dan latihan dalam upaya menghadapi tantangan kedepan, berpacu dengan kemajuan jaman dan teknologi yang ternyata juga memiliki dampak dan pengaruh negatif yang sama cepatnya. Kasdim juga menambahkan bahwa Perkembangan Gerakan Pramuka saat ini makin bertambah banyak. Apalagi setelah sekolah-sekolah ikut serta mengembangkan Pendidikan Gerakan Pramuka ini. 

Hardani menjelaskan kemah bakti pramuka ini merupakan wahana pertemuan adik-adik pramuka, sebagai salah satu sarana yang tepat bagi para peserta dalam menyalurkan minat yang bersifat aktif, kreatif dan inovatif serta edukasi. Selain itu, kegiatan ini tentunya turut membantu membentuk generasi muda bangsa yang memiliki kepribadian yang baik, berakhlak mulia, disiplin, terampil, mandiri dan memiliki semangat bela negara yang tinggi. Lebih lanjut Mayor Hardani menyampaikan kepada seluruh perserta kiranya dapat memanfaatkan moment ini, terutama dalam hal peningkatan jiwa kebangsaan dan semangat bela negara, yang merupakan faktor pendukung dalam menjaga kedaulatan NKRI. Para adik-adik pramuka nanti akan diberikan materi pokok berupa Teori Navigasi darat, teori survival, teori mountenering, Teori penanggulangan bencana, termasuk lomba cerdas cermat bela negara, bhakti sosial dan pementasan kesenian. (LP.NTB/ Sukur)