Pemkot Bima Lounching Layanan Kota Bima Siaga “112”
Cari Berita

Iklan 970x90px

Pemkot Bima Lounching Layanan Kota Bima Siaga “112”

Thursday, December 6, 2018


Kota Bima, Lensa Post NTB – Satu lagi Program nyata Pemerintah Kota Bima dibawah Kendali H. Muhammad Lutfi, SE dan Fery Sofyan, SH, dalam rangka menangani permasalahan-permasalahan darurat masyarakat Kota Bima, seperti kebakaran, kecelakaan dan lain sebagainya. Pemerintah Kota Bima membuka Layanan Kota Bima Siaga “112”, Program ini sengaja dilounching hari ini kamis (6/12/2018) untuk penanganan Darurat bagi masyarakat kota Bima. Hadir dalam kegiatan Lounching yang digelar di Aula Kantor Walikota Bima, yakni Walikota H. Muhammad Lutfi, SE, Ketua DPRD Kota Bima Syamsuri, Dandim 1608/Bima diwakili Pasi intel Kapten inf. Seninot S, Kepala Dinas Kominfo Kota Bima Ir Supawarman, Komisioner Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia Prof. Dr. Ir. Agung Haryono M.S, Kepala BNNK Bima AKBP Ivanto Aritonang.Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Bima, Kepala OPD Lingkup Pemerintah Kota Bima, Camat dan Lurah se-Kota Bima, dengan jumlah peserta sebanyak 100 Orang. 

Kegiatan ini diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya pada pukul 10.05 wita, Usai pembacaan doa, Kepala Dinas Kominfo Kota Bima Ir Supawarman dalam sambutannya mengharapkan dengan adanya pelayanan "112" ini dapat membantu menyelesaikan suatu masalah yang terjadi dalam kehidupan Masyarakat Kota Bima Dan pelayanan 112 ini bekerja sama dengan Kominfo tentang UUD pelayanan publik dan UUD tentang pelayanan darurat. Dengan adanya diskusi ini agar dapat memberikan solusi untuk membantu masyarakat dengan sistim terpadu dan layanan panggilan darurat 112 Karena di Kota Bima akhir-Akhir ini sangat rentan dengan kecelakaan, kebakaran dan masalah-masalah lain. 

Senada juga disampaikan, Komisioner Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia. Bpk Prof. Dr. Ir. Agung Haryono M. S.  Menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Bima telah mengadakan LAUNCHING layanan Kota Bima 112 untuk mempermudah dalam menangani suatu permasalahan seperti kebakaran, kecelakaan dan ketertiban yang terjadi di Kota Bima. Dan di harapkan dengan adanya layanan 112 ini dapat memudahkan masyarakat untuk melapor dan mengadukan semua masalah sehingga dapat mempercepat penanganannya. Untuk diketahui layanan 112 ini bebas pulsa alias tidak menggunakan pulsa dalam panggilan tersebut. Dan dengan adanya aplikasi 112 ini di harapkan semua masalah yang ada di Kota Bima ini dapat diminimalisir.

Sementara itu, Walikota Bima H. Muhammad Lutfi, SE dalam arahannya menyampaikan bahwa Layanan kota Bima siaga 112 merupakan pengintegrasian layanan Call Center yang terdapat di beberapa OPD, instansi Pemerintahan dan instansi terkait Lainnya dengan satu nomor layanan kota Bima siaga 112. Layanan ini di Koordinir oleh Dinas komunikasi dan informatika Kota Bima dan dapat di akses dari semua operator, baik telpon seluler maupun telpon statis. Walikota menambahkan Layanan Kota Bima siaga 112 akan memudahkan petugas call center untuk memandu penelepon yang mengalami kejadian gawat darurat, melakukan tindakan-tindakan tertentu guna mengurangi dampak korban yang banyak dan lebih parah sambil menunggu petugas penolong tiba di lokasi kejadian. Suatu kesukuran yang sangat besar adanya kerja sama Kominfo dengan Pemerintah kota Bima, karena dengan adanya layanan 112 ini diharapkan semua permasalahan dapat diminimalisir baik masalah kebakaran, kecelakaan, dan semua masalah lain.

Dan dengan adanya layanan tanpa biaya ini di harapkan pada semua unsur yang mengalami suatu masalah baik masalah kecelakaan maupun masalah apa saja yang memerlukan bantuan Pemerintah agar segera melaporkan pada layanan 112 agar Pemerintah cepat mengambil suatu tindakan dan cepat terjun langsung kelapangan untuk menangani masalah dan memberikan solusi untuk menyelesaikan masalah yang ada tersebut. Usai Launching layanan Kota Bima siaga "112". Di lanjutkan dengan penandatanganan perjanjian kerja sama antara Pemerintah Kota Bima dan Kominfo. (Tim/ SUKUR)