Rela Naik Turun Gunung, Demi Sebuah Informasi Penghijauan
Cari Berita

Iklan 970x90px

Rela Naik Turun Gunung, Demi Sebuah Informasi Penghijauan

Friday, February 1, 2019


Bima, Lensa Post - Lokasi Pelaksanaan penghijauan yang dilaksanakan oleh TNI Kodim 1608/ Bima memang cukup menantang, kondisi ini sangat dirasakan langsung Wartawan Lensa Post, Abdul Sukur, ST ketika melaksanakan peliputan penghijauan di So Doro Jati Dusun Maria Desa Maria Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, kamis (31/1/2019). Ketabahan dan kesabaran Anggota TNI bersama masyarakat dalam melintasi jalan bebatuan dan perbukitan diareal penghijauan betul-betul Teruji. Sekitar pukul 10.15 wita sampailah kami dilokasi penghijauan So Doro Jati. 

Setelah kami tiba dilokasi penghijauan Terlihat Para Anggota TNI dari Koramil Wawo, Babinsa Desa Maria dan sejumlah masyarakat sudah berada dilokasi sembari menanam bibit pohon yang telah disediakan. Kami tertegun dan sedih melihat kondisi hamparan alam yang luas dari ketinggian, ternyata sama sekali tidak menyimpan keindahan, rimbunnya pepohonan sudah tak terlihat, yang ada hanyalah hijaunya tanaman jagung yang tidak terbatas luasnya. Disaat itu aku mengenang kembali memori 2 tahun yang lalu, ketika Kota Bima Porakporanda dihantam banjir bandang yang merendam 5 Kecamatan, ternyata inilah penyebabnya. 
Kesempatan emas ini tidak kami sia-siakan, potret hamparan perbukitan dan gunung d So Doro Jati yang telah gundul dan tidak memiliki keindahan lagi kami abadikan. Dan satu persatu Petani kami wawancarai, termasuk Para Babinsa, Anggota TNI Koramil Wawo dan Danramil Wawo Kapten Inf. Ahmad. Para Petani mengaku lega dengan hadirnya Anggota TNI melalui Program Penghijauan. Semoga dengan program ini, gunung kita yang telah gundul bisa hijau kembali dan menyimpan sumber mata air. Tak cukup mewawancarai Pata Petani, kami pun melihat secara langsung proses penanaman pohon dilokasi penghijauan, hingga pukul 11.25 kami pun bergegas pulang. 

Perjalanan yang melelahkan dan menantang bagi seorang Jurnalis hal yang biasa demi memburu sebuah informasi, apalagi Penghijauan ini merupakan program nasional yang dicanangkan oleh BNPB dan menunjuk TNI sebagai Pelaksana di lapangan. Tentu tidak mudah, menanam sebanyak 1.930.699 pohon diatas lahan 4.826,75 hektar are. Butuh tenaga ekstra, waktu dan pikiranpun harus terkuras. Bagaimana reaksi TNI menyikapi hal-hal ini? Kapten Inf. Ahmad selaku Danramil Wawo begitu bersemangat memberikan support kepada Anggotanya dan masyarakat untuk segera menyelesaikan penghijauan ini. Pantauan Lensa Post di Lokasi  penanaman berjalan lancar tanpa ada kendala apapun. (TIM LENSA POST)