Warga Desa Maria Bahu Membahu Bantu TNI Menanam Pohon
Cari Berita

Iklan 970x90px

Warga Desa Maria Bahu Membahu Bantu TNI Menanam Pohon

Thursday, January 31, 2019

Personil Koramil Wawo Bersama Warga Tanam Pohon
Bima, Lensa Post – Program penghijauan yang dilaksanakan Anggota TNI Kodim 1608/ Bima di Desa Maria Kecamatan Wawo Kabupaten Bima saat ini memasuki pekan kedua. Meski route yang dilalui untuk mencapai lokasi penghijauan cukup sulit dan menantang, namun semangat Personil Koramil Wawo yang dipimpin langsung Danramil Kapten Inf. Ahmad pantas diacungi jempol. Tidak mau kalah dengan Anggota TNI, masyarakat Dusun Maria Desa Maria Kecamatan Wawo terlihat sangat semangat bahu-membahu bersama Anggota TNI menanam pohon diareal warga yang telah ditentukan. Jarak yang jauh dan jalan yang berbatu diatas gunung Doro Jati tak menyurutkan semangat warga membantu mulai dari menggotong bibit pohon hingga menanam bersama personel TNI.   
Warga Desa Maria Bahu Membahu Bantu TNI mengangkut Bibit Pohon
Salah satu Warga Desa Maria yang juga sebagai Ketua Kelompok Tani Doro Jati, Bustam Kasim, (41), mengungkapkan rasa syukurnya atas masuknya program penghijauan di Desa Maria. Menurutnya, saat ini umumnya Gunung di Kecamatan Wawo sudah pada gundul, untuk itu melalui program ini, kami bersama TNI berusaha menghijaukan kembali gunung yang tidak berpohon tersebut, dengan menanam pohon yang bermanfaat untuk masa depan generasi kita kedepan, ungkapnya. Mewakili Anggota kelompok lain dan masyarakat Desa Maria, Bustam Kasim menyampaikan terima kasih kepada Bapak Danramil Wawo, Babinsa dan Anggota TNI Koramil Wawo yang setiap hari tetap berada dilokasi penanaman dan mengecek pelaksanaan penghijauan tersebut. Tentu saja kami sebagai masyarakat akan siap bahu membahu membantu penghijauan yang dilaksanakan TNI ini, ucapnya.

Sementara itu, Babinsa Desa Maria, Serma Sahlan menyampaikan, bahwa khusus Desa Maria kerjasama TNI dengan masyarakat Alhamdulillah sudah bagus, meski kendala pengangkutan bibit karena jarak yang jauh, namun TNI dan masyarakat Desa Maria tetap bekerjasama mengangkut bibit pohon hingga menanamnya. Melanjutkan permintaan warga, Serma Sahlan menyampaikan bahwa kondisi lahan penghijauan di Desa Maria membutuhkan air untuk pemeliharaan bibit pohon yang telah ditanam, sehingga harus ada embung buatan, dengan demikian masyarakat tidak lagi merasa kesulitan untuk memelihara tanaman tersebut, ujar Babinsa Desa Maria kepada Lensa Post.

Senada juga disampaikan Danramil Wawo, Kapten Inf. Ahmad, bahwa dukungan masyarakat tentang hadirnya Program penghijauan ini luar biasa, sehingga masyarakatpun merasa ringan untuk membantu TNI, baik menanam pohon maupun mengangkut bibit, yang jaraknya cukup jauh, terang Ahmad. Danramil Wawo juga menyampaikan bahwa program penanaman di Desa Maria Kecamatan Wawo sudah memasuki minggu kedua. Rencana penanaman diwilayah tersebut mencakup lahan seluas 700 hektar lebih. Masyarakat cukup menyambut baik program penghijauan ini, karena mereka mengetahui program ini untuk jangka panjang dan untuk masa depan mereka. Diakui Danramil, meski pengangkutan bibit cukup berat, namun kami tidak akan mundur, tidak hanya karena sudah menjadi program, namun juga untuk kepentingan masyarakat banyak, wajib untuk kita sukseskan. Adapun jenis bibit yang ditanam, kata Danramil, yakni Kemiri, Durian, Sengon, Matoa, Mangga dan Jati. Sementara 8 Desa yang menjadi sasaran Penghijauan, yakni : Desa Ntori, Maria Utara, Maria, Pesa, Kambilo, Kombo, Tarlawi dan Kaowa, tutupnya. (TIM LENSA POST)