Program RHL di Lelamase, Warga Butuh Embung
Cari Berita

Iklan 970x90px

Program RHL di Lelamase, Warga Butuh Embung

Tuesday, February 5, 2019


Kota Bima, Lensa Post - Program Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) yang dilaksanakan TNI AD Kodim 1608/ Bima telah memasuki 3 pekan dalam kondisi aman dan lancar. Setiap hari Anggota TNI bersama masyarakat berbondong-bondong melaksanakan penghijauan 5 titik di Kelurahan Lelamase Kecamatan Rasanae Timur Kota Bima.
Hasil pantauan Lensa Post di lokasi penghijauan RHL di Lelamase , cukup baik, semangat gotong royong masyarakat membantu TNI cukup bagus, bahkan Warga menyiapkan sekedar kopi dan kue untuk TNI yang bekerja menanam diatas lahan mereka.
Ketua Kelompok Tani, Juhdin, mengatakan bahwa di Lelamase sudah 7 hari tidak turun hujan, tentunya ini akan menjadi kendala pertumbuhan pohon pohon tersebut, kami berharap kedepannya dilahan ini disediakan Embung buatan, ataupun dipasang saluran air yang diambil langsung dari mata air di Lelamase ini. Menurut Juhdin pada prinsipnya masyarakat terutama anggota kelompok tani akan siap setiap saat membantu tugas TNI dalam program penghijauan ini, ungkapnya.
Juhdin juga mengatakan bahwa banyak sekali manfaat yang didapatkan masyarakat dari program RHL ini, disamping untuk menghijaukan kembali hutan yang telah gundul, juga pohon yang ditanam sekarang mengandung manfaat yang besar untuk menopang kebutuhan hidup masyarakat kedepannya.
Sementara itu, Babinsa Kelurahan Lelamase Sertu Mustamin menyampaikan terima kasih kepada warga Lelamase yang telah mendukung Program RHL ini, kami selaku Babinsa diwilayah ini tetap mendorong dan memotivasi masyarakat untuk selalu merawat pohon yang ditanam ini. Hingga saat ini warga Kelurahan Lelamase sangat sadar akan kondisi hutan yang telah gundul, sehingga mereka pun semangat untuk membantu TNI dalam penghijauan tersebut, imbuh Babinsa.
Senada juga disampaikan Danramil Kota Kapten Inf. Zunaidin, mengapresiasi dukungan masyarakat Lelamase dalam Program Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) yang dilaksanakan TNI Kodim Bima. Kapten Zunaidin berpesan, bahwa kita tidak cukup menanam saja, melainkan merawatnya jauh lebih sulit, untuk itu dari faktor keamanan tanaman ini perlu dijaga, misalnya lahan ini harus dipagar supaya tidak dimakan ternak. Kami selaku Danramil di wilayah ini akan terus mendorong Babinsa dan Prajurit yang ada agar menyelesaikan program RHL ini dengan baik. Dan untuk sementara ini menurut Danramil belum ada kendala apapun selama penghijauan, pungkasnya. (TIM LENSA POST)