KPU Kota Bima Laksanakan Bimbingan Teknik PPK
Cari Berita

Iklan 970x90px

KPU Kota Bima Laksanakan Bimbingan Teknik PPK

Tuesday, March 26, 2019

Kota Bima, Lensa Pos NTB - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bima gelar Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kota Bima dalam rangka persiapan Pemilihan Pemungutan dan Perhitungan suara serta Rakapitulasi Perolehan Suara Pemilu Pilpres dan Pileg Tahun 2019 pada Senin,  (25/03/2018) di Aula KPU Kota Bima. Kegiatan tersebut diikuti oleh semua anggota PPK yang terdiri dari Ketua, Anggota dan ditambah dengan Sekretariat PPK berjumlah 30 orang.
Acara dibuka oleh Ketua KPU Kota Bima, Mursalin, S. Pd, mengucapkan terima kasih pada Komisioner KPU, Sekertariat KPU Kota Bima, PPK, Sekertariat PPK se-Kota Bima dalam menghadiri acara bimtek ini, Mursalin mengatakan, kegiatan ini untuk mematangkan kesiapan para pelaksana pemilu untuk semakin memahami alur penyelenggaraan saat hari pelaksanaan pemungutan suara pada 17 April 2019 nanti. Selain itu ditekankan hal-hal teknis tentang pemungutan dan penghitungan suara serta penekanan masalah DPT, DPTb, dan DPK, karena tergantung dari mana pemilih tersebut berasal yang nantinya sangat menentukan jumlah suara yang pemilih terima. "Peserta yang ikut adalah PPK Se- Kota Bima, diharapkan mereka serius mengikuti Bimtek, jangan main-main karena ini sangat penting. Nantinya juga mereka para PPK setelah ini akan memberikan bimbingan Teknis kepada masing-masing PPS dan KPPS setempat," ujar Mursalin.
Sementara itu, Anggota KPU Kota Bima, Tamrin, SH, selaku pemateri pada acara tersebut menyampaikan tentang hal teknis dan persiapan pelaksanaan tahapan yang akan dihadapi dalam waktu dekat. “yang terdekat, maksudnya 5 hari sebelum pelaksanaan Pemungutan dan Perhitungan suara pada tanggal 13-16 April 2019. Pasca penyampaian materi, Kepala Sub Bagian Teknis dan Humas KPU Kota Bima, Tamrin memberikan simulasi tentang bagaimana cara pengisian formulir checklist berkas. “Setiap kolom ini harus diisi semuanya,” terangnya sambil memperagakan pengisian contoh formulir. Peserta juga diberikan bahan dan contoh formulir untuk praktik langsung dalam pengisian formulir. Anggota PPK Kecamatan Mpunda, Usman, S.Pd juga menyampaikan terima kasih atas sosialisasi ini, menurutnya, Bimtek ini sangat membantu untuk memudahkan kami dalam hal praktek dilapangan. (USMAN)