IPJI Dompu Gelar Bukber dan Sosialisasi Dampak Berita Hoaks
Cari Berita

Iklan 970x90px

IPJI Dompu Gelar Bukber dan Sosialisasi Dampak Berita Hoaks

Tuesday, May 28, 2019


Dompu, Lensa Pos NTB - Belasan wartawan yang tergabung dalam Ikatan Penulis dan Jurnalis Indonesia (IPJI) Kabupaten Dompu melaksanakan acara buka puasa bersama dengan warga Pimpinan Anak Cabang (PAC) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Desa Nowa Kecamatan Woja Kabupaten Dompu NTB.
Kegiatan yang dilaksanakan di Masjid Baitul Ghofur Desa Nowa itu dirangkaikan dengan sosialisasi dampak berita hoaks dan ujaran kebencian melalui media sosial.
Sosialisasi disampaikan oleh Wakil Pemimpin Redaksi Metro Dompu sekaligus Kepala Biro Lensa Pos NTB Online, Supriyamin, S.Pd.I.
"Mendapat informasi yang belum jelas kebenarannya jangan diterima mentah-mentah apalagi men-share-nya tetapi harus diklarifikasi dulu kebenarannya. Kita harus bijak menerima sebuah pemberitaan. Saringlah sebelum disharing," harapnya.
Ia menyambung penyebarluasan informasi yang tidak jelas kebenarannya dapat berakibat fatal bagi penyebar informasi maupun bagi penerima informasi. Karena bisa dijerat dengan UU Nomor 19 tahun 2016 tentang Perubahan Atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).
"Agama Islam melarang menyebarkan berita bohong karena itu adalah fitnah yang merupakan dosa besar," jelasnya sembari mengulas Firman Allah SWT dalam Surat Al-Hujurat ayat 6 yang menekankan tabayyun (klarifikasi) ketika menerima sebuah informasi.

Pada kesempatan tersebut Ketua IPJI Kabupaten Dompu, Supriyadin, S. Sos mengemukakan bahwa berita hoax dan ujaran kebencian (hate speech) sudah merajalela penyebarannya saat ini. Karena itu sebagai warga negara yang baik hendaknya menyikapi hal ini dengan lebih bijak. "Jangan mudah terpancing oleh isu-isu yang belum jelas kebenarannya," ucapnya.
Sementara itu Ketua DPD LDII Kabupaten Dompu, Syamsuddin, SE yang hadir pada acara tersebut menyampaikan ucapan terima kasih kepada IPJI Kabupaten Dompu yang telah menggelar acara buka puasa bersama dan sosialisasi mengenai dampak berita hoaks dan ujaran kebencian.
"Semoga kita semua semakin dewasa dalam bersosial media," ujarnya penuh harap.
Pada kesempatan tersebut Ketua IPJI Kabupaten Dompu menyerahkan cenderamata berupa jam dinding yang diterima oleh Ketua DPD LDII Kabupaten Dompu, Syamsuddin, SE. (AMIN)