Lepas 83 Kafilah Kota Bima, Kabag Kesra Target Juara Umum
Cari Berita

Iklan 970x90px

Lepas 83 Kafilah Kota Bima, Kabag Kesra Target Juara Umum

Tuesday, October 1, 2019

H. Ahmad,S.Ag,MM - Kabag Kesra Setda Kota Bima
Kota Bima, Info Bima - Sekda Kota Bima, Drs. H.Muhtar, MH didampingi, Assisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Drs. H. Supratman, M.AP, Kabag Kesra, H. Ahmad, S.Ag, MM, pagi tadi Selasa (1/9/2019) melepas secara resmi 83 Kafilah Kota Bima untuk mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke 28 tahun 2019 tingkat Provinsi NTB yang dipusatkan di Kabupaten Lombok Barat.
Kabag Kesra Setda Kota Bima, H. Ahmad, S. Ag, MM kepada media ini menjelaskan, Alhamdulillah formasi cabang lomba Kafilah Kota Bima telah lengkap, yakni Golongan anak-anak, remaja dan dewasa, kemudian cabang Qiraatussab'ah, baik mujawwad ataupun Murattal. selanjutnya 1 juz tilawah, cabang 5 juz, 10 Juz, 20juz, 30 juz dan tafsir bahasa Arab bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.

Cabang lain menurut Sekretaris Umum LPTQ Kota Bima ini, yakni cabang Fahmil Qur'an Regu Pa 3 orang dan Pi juga 3 orang, demikian juga Syarhil Qur'an di grup A 3 orang dan grup B 3 orang, kemudian dilanjutkan dengan khot Alquran dengan 4 golongan, yakni golongan naskah, golongan dekorasi, golongan hiasan Mushaf dan golongan kontemporer. Selanjutnya peserta juga mengikuti musabaqah ilmiah, yakni karya ilmiah Al Quran artinya kita mengikuti seluruh cabang dan golongan yang dilombakan.

H. Ahmad menambahkan, bahwa sebelum tadi pagi di lepas oleh Bapak Walikota yang diwakili Sekda Kota Bima, Alhamdulillah sudah melakukan pemusatan latihan atau Training Center yang dilaksanakan di hotel La Ila selama 7 hari mulai dari tanggal 24 sampai dengan tanggal 29 September 2019 dan dilakukan try out bagi seluruh peserta di pondok pesantren Masjid Abu Dzar al-ghifari untuk mengukur kemampuan peserta.

Kemudian khusus untuk golongan 10, 20, 30 juz dan Tafsir Arab - Inggris - Indonesia kita pusatkan di pondok pesantren Al aziziyah kapek Gunungsari Kabupaten Lombok Barat dengan melibatkan pelatih nasional yang cukup memberikan kontribusi bagi peserta kota Bima.

Pada kesempatan ini, Kabag Kesra berharap kepada Peserta, yang pertama mereka manfaatkan kesempatan saat menanti MTQ ini dilaksanakan, yakni mulai dari tanggal 2 itu adalah pendaftaran secara langsung oleh peserta. Dan kemarin sudah didaftarkan secara online melalui website LPTQ provinsi Nusa Tenggara Barat.

Kemudian pada tanggal 2 malam itu adalah malam ta'aruf sesuai dengan schedule yang sudah dikeluarkan oleh panitia MTQ tingkat provinsi, dan di tanggal 3 pagi akan dilaksanakan pawai ta'aruf, dilanjutkan dengan tanggal 3 malam pembukaan dan selanjutnya tanggal 4 sampai dengan tanggal 8 adalah pelaksanaan lomba itu sendiri.

H. Ahmad juga menjelaskan, insya Allah menurut pantauan dan monitoring kami khusus bagi Kafilah Kota Bima Alhamdulillah mereka sudah berlatih semaksimal mungkin dan sudah mempersiapkan diri dan mereka siap untuk ikuti event MTQ tingkat provinsi ke-28 tahun 2019 di Kabupaten Lombok Barat, tentu mereka dan pihak pelatih sudah melakukan kemampuan maksimal untuk mempersiapkan peserta Kota Bima.

Namun tetap kita harapkan kepada peserta untuk betul-betul mereka bersungguh-sungguh berlatih, kemudian tidak perlu punya beban sehingga membuat mereka tidak maksimal dalam penampilannya. Kami mohon dukungan doa dan moril dari seluruh masyarakat kota Bima semoga kafilah Kota Bima dalam mengikuti MTQ tingkat provinsi tahun 2019 ini tampil maksimal dan meraih yang terbaik, dan mendapatkan reputasi dan prestasi terbaik sebagaimana yang pernah ditorehkan atau terukir pada masa-masa sebelumnya, tutup Kabag Kesra.  (SUKUR)