Hasil LHP Kasus Rababaka Sudah Final, Inspektorat Segera Menyerahkan ke Kejari
Cari Berita

Iklan 970x90px

Hasil LHP Kasus Rababaka Sudah Final, Inspektorat Segera Menyerahkan ke Kejari

Monday, February 10, 2020

Kabid IRBAN2 Ir. Suprapto Segera akan Melimpahkan Hasil LHP ke Kejari Dompu
Dompu, Info Bima - Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) sudah final, terkait
kasus penyelewengan anggaran ADD/DD yang dilakukan Kepala Desa Rababaka. Pihak Inspektorat mengatakan memang terdapat kerugian Negara dalam kasus ini dan segeraa akan melimpahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Dompu.

Ditemui diruang kerjanya, Senin (10/2). Kepala Bidang Ekonomi dan Pembangunan (IRBAN2) Ir. Suprapto, secara gamblang menyampaikan bahwa, ada kerugian Negara dalam kasus ini setelah dilakukan audit Investigasi, dan kerugian itu mencapai ratusan juta rupiah.

"Saya bisa nyatakan disini, ada terdapat kerugian Negara dalam hal ini setelah kami lakukan Investigasi" terang Suprapto.

Dari 54 item yang dilaporkan terdapat 19 item hasil temuan, dugaan kerugian Negara dilakukan Kepala Desa Rababaka, berdasarkan fakta-fakta fisik yang dikumpulkan.

"Kalau nanti pihak Kejari meminta kita untuk melakukan penghitungan kembali terhadap 19 item ini, kemungkinan akan bisa kurang dan bisa juga akan bertambah" katanya.

Masih dengan kasus ini, Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Mohamad Isa Ansyori SH, yang ditemui, Senin (10/2) di ruangannya mengungkapkan, Kalau kasus ini nanti sudah memenuhi semua unsur kerugian Negara, kemudian nanti akan dilakukan gelar perkara dengan semua tim.

"Apakah hasil penyelidikan ini sudah layak atau tidak untuk ditingkatkan ke penyelidikan dari hasil gelar perkara itu, kalau forum mengatakan layak atau tidak layak, itulah hasil keputusannya" tandasnya.(IB.Din)