Kemenag Gelar Kegiatan Bimtek Peningkatan Layanan KUA
Cari Berita

Iklan 970x90px

Kemenag Gelar Kegiatan Bimtek Peningkatan Layanan KUA

Thursday, February 13, 2020

Kementerian Agama Kabupaten Dompu, Menggelar Kegiatan Bimbingan Teknis, Peningkatan Layanan KUA
Dompu, Info Bima - Dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan bagi masyarakat untuk Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan. Kementerian Agama Kabupaten Dompu menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Layanan KUA Tingkat Kabupaten Dompu, Kamis (13/02/20).

Maksud dari pada kegiatan tersebut dalam rangka memberikan motifasi kepada KUA, Penghulu, dan Penyuluh untuk meningkatkan pelayanannya kepada Masyarakat, terutama pelayanan terkait nikah  rujuk dan pelayanan lainnya seperti pelayanan Kemasjidan, wakaf dan zakat, demikian juga pembinaan Manasik Haji sudah termasuk tugas dan fungsi KUA Kecamatan.

"Mudah-mudahan unsur yang ada di Kecamatan bisa memberikan pelayanan maksimal kepada Masyarakat dalam rangka meningkatkan pemahaman kepada Masyarakat dan lebih pro aktif didalam memberikan pencerahan kepada umat, sehingga terhindar dari hal-hal yang menimbulkan gejolak yang akan merugikan Masyarakat itu sendiri." Ungkap Kepala Seksi Bimas Islam Drs. H. Muh.Ikhsan.
Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kepala Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kabupaten Dompu Dompu, Drs. H. Syamsul Ilyas, M.Si dan dihadiri Kasubag TU Alimuddin, S.Ag, Kasi Bimas Islam Drs. H. Muh. Ikhsan, Kasi Pondok Pesantren H. Burhanuddin S.Ag, Kasi Pendidikan Agama Islam Drs. H. A.Gani Malik Kepala KUA Se-Kabupaten Dompu, Penghulu, serta Penyuluh PNS Se-Kabupaten Dompu.

Dalam penyampaian Kakan Kemenag dirinya menyampaikan beberapa amanat penting di tahun 2020 ini terkait KUA, berdasarkan Undang-undang No 25 tahun 2009 Pasal 1 tentang sadar pelayanan publik yang didalamnya juga adalah KUA.
"Beberapa poin hasil dari penilaian Ombudsman khusus KUA kita, jadi sangat luar biasa perolehan skor yang kita capai dengan nilai 97,50 porsen dari nilai yang paling tinggi disemua kuadrat pelayanan yang dilaksanakan oleh KUA, jadi ada beberapa poin dari angka 97,50 porsen yang dilaksanakan oleh Kepala KUA, Penyuluh, Penghulu kita, yang pertama tentang legalisasi kutipan akta nikah kemudian yang kedua legalisasi surat keterangan dan yang terakhir adalah layanan di KUA." Katanya.

Ia juga menambahkan, jika kegiatan KUA bukan saja disatu bidang pelayanan nikah saja, akan tapi di KUA dikatakannya banyak bidang-bidang lain sehingga pelayanan dimasing-masing bidang di bagian KUA bisa melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai dengan aturan yang telah berlakukan.

Selain itu, ada juga program terbaru  yang disebut pusat layanan keluarga sakinah (pusaka sakinah), dan Belajar Rahasia Nikah (BERKAH) untuk itu, Kakan Kemenag selalu ingatkan juga di KUA Kecamatan supaya betul-betul menjalankan pelayanan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

"Karena yang dihadapi bukan hanya pelayanan nikah tapi pelayanan lain juga seperti informasi Haji, informasi Pendidikan dan sebagainya harus mereka laksanakan dengan baik" Harapnya.(IB.RF)