Serap Aspirasi Wartawan, Reses Tahap II Ir. Muttakun, Membangun Sinergitas Pers dan DPRD
Cari Berita

Iklan 970x90px

Serap Aspirasi Wartawan, Reses Tahap II Ir. Muttakun, Membangun Sinergitas Pers dan DPRD

Friday, June 19, 2020

Reses Anggota DPRD Kabupaten Dompu, Ir. Muttakun Sinergitas Antara Pers dan DPRD, Menyerap Aspirasi Wartawan
Dompu, Info Bima - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Dompu, Ir. Muttakun selaku Ketua Komisi I DPRD Dompu dari Fraksi Partai Nasdem Dapil I. Melaksanakan reses tahap ke II tahun 2020, di Lesehan trotoar jalan lintas Bringin Pendopo Bupati, Kamis (18/6/20), pukul 19.30 wita.

Kegiatan seromania yang diberi tema "Sinergitas antara Pers dan DPRD, tantangan dan hambatan dalam mewujudkan sinergitas peran". Menyerap aspirasi masyarakat Pers untuk bisa memperkuat perannya sebagai lembaga independen yang bisa bersinergi dengan Lembaga Legislatif dalam menyampaikan aspirasi masyarakat, supaya DPRD dapat melaksanakan fungsi pengawasan untuk kemajuan Daerah.

Disampaikan Muttakun, mewakili 29 orang anggota DPRD lainya, lewat reses tahap II ini, dirinya mengatakan bahwa peran Pers sangatlah dibutuhkan dalam melaksanakan fungsi peran DPRD, baik melaksanakan fungai Legislasi, fungsi pengawasan maupun fungsi budgeting anggaran.

"Satu kata, saya butuh peran pers" ungkapnya.

Masih dikatakan Muttakun, seorang jurnalis dalam melaksanakan tugasnya luar biasa, ada kode etik yang memang telah dijalankan dengan baik.

"Saya mau 30 orang anggota DPRD ini, kalau bisa, kami membutuhkan pembelajaran untuk mendapatkan pemahaman tentang profesi rekan-rekan Pers, karena memang, dalam menjalankan tugasnya teman-teman yang ada di DPRD saya yakin mereka belum banyak yang tau bagaimana memberikan klarifikasi, mereka akan melakukan apa, dan bagaimana prosesnya, mereka banyak yang belum paham. Maka, bagaimana mungkin kita dapat menjalankan sinergitas peran ketika kami sendiri banyak yang tidak memahami peran pers" imbuhnya.

Lewat reses anggota DPRD ini, beberapa perwakilan wartawan menyampaikan aspirasinya, mereka berharap ada upaya DPRD untuk merangkul wartawan, supaya wartawan dapat menikmati juga hidangan kue APBD yang dikemas melalui anggaran Dana Pikir DPR tanpa menghilangkan fungsi kontrol sosial pers sebagai lembaga independensi yang melakukan kritikan.

Kehadiran Muttakun lewat reses tahap ke II ini, wartawan berharap unek-unek yang disampaikan dapat dijadikan atensi khusus lewat Paripurna DPRD, dan seluruh wartawan yang telah memberikan kontribusi banyak pada Daerah ini dapat diakomodir.

Merespon usulan dan saran disampaikan beberapa perwakilan wartawan, Muttakun berjanji akan memperjuangkan harapan usulan itu, dirinya juga berjanji untuk mengajak 29 anggota lainnya agar sama-sama menyuarakan lewat penetapan APBD kedepan.

"Jujur, kami butuh peran pers, bagaiman pers bisa mendorong peran DPRD dalam mewujudkan transportasi, partisipasi dan akuntabilitas pelaksanaan kinerja kami. Dengan pertemuan ini saya ingin mendengar apa dan bagaimana yang diharapkan teman-teman jurnalis ketika melaksanakan fungsi jurnalisnya, saya akan bantu meneruskan suara dan harapan teman-teman itu" ungkap Muttakun.(IB.Din)