Inilah Data Covid-19 Kota Bima.
Cari Berita

Iklan 970x90px

Inilah Data Covid-19 Kota Bima.

Tuesday, July 7, 2020

Kota Bima, Media Info Bima Online - 1. Bahwa pada Selasa 7 Juli 2020 Tim Gugus Tugas Covid-19 telah menerima press release dari Tim Gugus Tugas Provinsi NTB. Berdasarkan press release tersebut menyatakan bahwa terdapat penambahan pasien terkonfirmasi positif covid-19 di Kota Bima sebanyak 5 (lima) orang.

2. Pasien nomor 1400 NTB (Pasien 07 Kota Bima) An. Ny CH, perempuan, usia 20 tahun,  penduduk Kelurahan Rabadompu Timur, Kecamatan Raba, Kota Bima. Pasien tidak pernah melakukan perjalanan ke daerah terjangkit Covid-19. Riwayat kontak dengan pasien Covid-19 nomor 1323. Saat ini dirawat di Ruang Isolasi RSUD Kota Bima dengan kondisi baik.

3. Pasien nomor 1401 NTB (Pasien 08 Kota Bima), an. Ny. VN. perempuan, usia 24 tahun, penduduk Kelurahan Paruga, Kecamatan Rasanae Barat, Kota Bima. Pasien tidak pernah melakukan perjalanan ke daerah
terjangkit Covid-19. Riwayat kontak dengan pasien Covid-19 nomor 1323. Saat ini dirawat
di Ruang Isolasi RSUD Kota Bima dengan kondisi baik.

4. Pasien nomor 1402 NTB (Pasien 09 Kota Bima), an. Ny. AR, perempuan, usia 21 tahun, penduduk Kelurahan Penaraga, Kecamatan Raba, Kota Bima. Pasien tidak pernah melakukan perjalanan ke daerah terjangkit Covid-19. Riwayat kontak dengan pasien Covid-19 nomor 1323. Saat ini dirawat di Ruang Isolasi RSUD Bima dengan kondisi baik.

5. Pasien nomor 1403 NTB (Pasien 10 Kota Bima), an. Tn. A, laki-laki, usia 86 tahun, penduduk Kelurahan Rabangodu Utara, Kecamatan Raba, Kota Bima. Pasien tidak pernah melakukan perjalanan ke daerah terjangkit Covid-19. Riwayat kontak dengan orang sakit Covid-19 belum teridentifikasi. Saat ini dirawat di Ruang Isolasi RSUD Bima dengan kondisi baik.

6. Pasien nomor 1404 NTB (Pasien 11 Kota Bima), an. Ny. RK, perempuan, usia 25 tahun, penduduk Kelurahan Penatoi, Kecamatan Mpunda, Kota Bima. Pasien tidak pernah melakukan perjalanan ke daerah
terjangkit Covid-19. Riwayat kontak dengan orang sakit Covid-19 belum teridentifikasi.
Saat ini dirawat di Ruang Isolasi RSUD Bima dengan kondisi baik.

7. Saat ini kondisi 5 pasien tersebut dalam kondisi baik dan 2 orang dirawat di ruang isolasi RSUD Kota Bima dan 3 (tiga) orang dirawat di ruang isolasi RSUD Bima. Semua pasien dalam kondisi baik.

8. Tiga orang pasien terkonfirmasi positif covid-19 merupakan hasil tracking dari pasien 06 dimana pada 4 Juli 2020 lalu telah dikirim 8 test swab oleh Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Bima dengan hasil 3 (tiga) negatif dan 5 (lima) positif.

9. Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Bima hari ini akan langsung melakukan tracking secara cepat terhadap keluarga terkonfirmasi positif covid-19.

10. Diharapkan pula kepada masyarakat yang merasa pernah melakukan kontak fisik dengan pasien-pasien tersebut agar segera melaporkan diri kepada Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Bima melalui Dinas Kesehatan Kota Bima sehingga bisa dilakukan pemeriksaan dan penanganan secara cepat dan tepat.

11. Dihimbau kepada warga masyarakat Kota Bima agar tetap tenang dan tidak panik serta tetap waspada dan menjalankan protokol kesehatan Covid-19 saat beraktivitas.

12. Mari kita tetap memperhatikan seluruh himbauan pemerintah, menerapkan physical distancing minimal dua meter, senantiasa menjaga kebersihan, sering mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir, sebisa mungkin tetap berada di rumah serta selalu memakai masker jika beraktifitas di luar rumah. Karena hanya dengan cara inilah kita bisa berkontribusi untuk mewujudkan keselamatan bersama. Sebab jika melanggar bukan hanya membahayakan diri kita tapi juga menbahayakan bagi keluarga dan semua masyarakat.

13.  Apresiasi yang sangat tinggi dari Pemerintah Kota Bima kepada Tim Gugus Tugas Covid-19 Kelurahan (Lurah, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, RT/RW) yang telah bekerja keras untuk terus meningkatkan penerapan kelurahan mandiri dengan melaporkan setiap arus keluar masuk penduduk dari luar daerah yang terpapar covid-19 di wilayah kelurahan masing-masing.

14. Mari kita terus bangun solidaritas kemanusiaan, saling bahu membahu dalam memerangi Covid-19 di Kota Bima agar Kota Bima tetap berada di zona hijau. Tingkatkan kepedulian sosial dan partisipasi sosial ditengah masyarakat.

15. Sampai dengan hari ini, jumlah Pasien positif sebanyak 7 orang, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 2 orang. Untuk Orang Tanpa Gejala (OTG) sebanyak 11 orang, Orang Dalam Pemantauan (ODP) jumlahnya 1 orang. Sedangkan Pelaku Perjalanan Tanpa Gejala (PPTG) 18 orang yang pernah melakukan perjalanan.

16. Untuk menghindari informasi yang tidak benar tentang Covid-19. Masyarakat diharapkan mendapatkan informasi dari sumber-sumber resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Pemerintah Kota Bima telah menyiapkan halaman resmi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yaitu http://covid19.bimakota.go.id, halaman Facebook Humas Protokol Kota Bima, Call Center Tim Kesehatan Kota Bima di nomor 085242304368 dan posko terpadu Covid-19 di nomor 085239047521.

Kota Bima, 07 Juli 2020
Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19. (Usman).