Syafru-Ady Akan Genjet 2 Sektor, Sektor Pendidikan dan Kesehatan Untuk Masyarakat Kabupaten Bima.
Cari Berita

Iklan 970x90px

Syafru-Ady Akan Genjet 2 Sektor, Sektor Pendidikan dan Kesehatan Untuk Masyarakat Kabupaten Bima.

Tuesday, July 14, 2020

Bima, Media Info Bima Online - Pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Kabupaten Bima, Drs. H. Syafrudin M. Nur, M. Pd, Ady Mahyudi, SE, (Syafa'ad) dengan jargo Perubahan menilai pendidikan merupakan modal penting untuk menyejahterakan masyarakat. Terlebih bagi masyarakat Kabupaten Bima yang memiliki penduduk dengan jumlah yang terbanyak se-Pulau Sumbawa ini.

Oleh karena itu, menurut H. Syafru, Pemerintah harus memberikan pendidikan yang baik ke masyarakat agar tercapainya kesejahteraan. Setiap pemerintahan, harus menjadikan pendidikan sebagai program pembangunan yang program prioritas pendidikan" ujar H. Syafru kepada Media Info Bima ini, Senin (13/7/2020).
1. Di Sektor Pendidikan.

H. Syafru mengatakan, dengan peningkatan kualitas pendidikan, berbagai aspek di masyarakat Kabupaten Bima akan turut meningkat seperti perekonomian dan kesehatan. "Hanya dengan pendidikan, ekonomi dan kesehatan akan berubah. Jadi pendidikan skala prioritas untuk mengubah kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Bima katanya.

Saat menjabat sebagai Bupati Bima 2015 lalu, H. Syafru mengaku, telah berupaya meningkatkan kualitas pendidikan baik formal maupun nonformal. Untuk formal, ia memberi anggaran yang maksimal untuk pengembangan pendidikan mulai dari tingkat SD hingga SMA. Selain itu, Aji Syafru pun memberi perhatian lebih kepada pendidikan nonformal. Beberapa di antaranya dengan memberi pelatihan untuk nelayan dan petani. Petani, jangan langsung diberi traktor ataupun benih.

"Tapi bagaimana diberi pertanian yang baik, agrobisnis. Berpikir ekspor," katanya.

Untuk nelayan juga, kata dia, Pemerintah Kabupaten Bima pada saat 2015 lalu sudah berbuat banyak saat itu. "Nelayan, sekarang jangan tiba-tiba dikasih perahu, jaring, freezer. Tapi harus diberikan ilmunya dulu, manajemen yang baik," katanya.

Untuk para siswa, menurut H. Syafru Pemerintah di Kabupaten Bima pada saat dipimpin olehnya 2015 lalu memberi pelatihan kewirausahaan. Yakni, diberi pelatihan Las, Bengkel, otomotif. "Untuk Anak perempuan diberi pelatihan tata boga, salon. Potong rambut, kecantikan, dan lainnya sebagainya, ujarnya

Meski hanya menjalani pelatihan 3 bulan, kata H. Syafru, upaya itu efektif sehingga mampu menekan angka pengangguran di wilayah Kabupaten Bima pada saat itu. "Semua itu sudah pernah saya lakukan. Pengangguran akan terserap dengan baik," katanya seraya menyebut dirinya akan melakukan hal itu nanti ketika terpilih menjadi Bupati Bima, bersama Ady Mahyudi sebagi Calon Wakil Bupati Bima, periode 2020-2025 nanti.

H. Syafru pun, mengucapkan terima kasih kepada lembaga pendidikan swasta karena sudah membantu Pemerintah Daerah pada saat 2015 lalu, dalam mencerdaskan anak bangsa lebih khususnya di Kabupaten Bima. "Itu sudah luar biasa sekali, ujarnya.

2. Di Sektor Kesehatan

Menurutnya, H. Syafru, rumah sakit menjadi salah satu sektor penting dalam konsep membangun, yang berlandaskan azas manfaat bagi masyarakat.

"Saya melihat masalah kesehatan adalah, bagian penting dalam konsep membangun,” ucapnya.

Pria Kelahiran Sila-Bolo ini, tidak menampik jika keberadaan rumah sakit yang berada dijantung Kota Bima, sangatlah kurang efektif, jika tidak ditopang adanya rumah sakit lain.
Menurut dia, orang yang ada dipegunungan atau tempat tinggalnya jauh dari Rumah Sakit Bima, akan kesulitan untuk berobat jika dalam kondisi mendesak.

"Coba bayangkan jika yang berobat itu tempat tinggalnya berada di, Kecamatan Wera, Tambora, atau Sanggar,” cetusnya.

Untuk itu, tutur H. Syafru, jika saja dirinya diberi amanat menjadi orang nomer satu di Kabupaten Bima nanti, masalah kesehatan akan jadikan skala program prioritas, disamping bidang pendidikan dan pembangunan infrastruktur.

Dia berjanji akan berusaha semaksimal mungkin, untuk menyelesaikan rumah sakit RSUD Kabupaten Bima yang berada di Desa Sondosia menjadi rumah sakit RSUD Kabupaten Bima sendiri atau diluar Kota Bima, sehingga Pemerintah Daerah bisa memberikan pelayanan Dasar maksimal kepada masyarakat Kabupaten Bima umumnya.

"Bidang kesehatan itu menjadi salah satu program strategis nasional.Jadi harus kita utamakan nanti,” imbuh Aji Syafru. (Usman).