Kadis Dikbud Kota Bima Membuka Kegiatan Pendidikan Kecakapan Wirausaha.
Cari Berita

Iklan 970x90px

Kadis Dikbud Kota Bima Membuka Kegiatan Pendidikan Kecakapan Wirausaha.

Thursday, August 20, 2020

Kota Bima, Media Info Bima Online - Untuk melatih keterampilan masyarakat agar bisa mendirikan usaha mandiri, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, (Dikbud) Kota Bima, membuka secara resmi kegiatan pendidikan kecakapan wirausaha, (PKW) di Aula SMPN 1 Kota Bima.

Kepala Bidang PNF Dinas Dikbud Kota Bima, Abdul Hafid, dalam laporannya menyampaikan kegiatan pelatihan itu melibatkan 105 peserta yang terdiri dari 7 perwakilan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat, (PKBM) dan 1 lembaga kursus dan pelatihan, (LKP), Rabu, (20/08/2020).

Pelitahan ini bertujuannya mendorong keterampilan para peserta kyrsus untuk lebih berkembang lagi, terutama keahlian dan kecakapannya telah dirintis. Sehingga bisa membuka usaha mandiri dan membawa dampak kesejahteraan.

Hafid menuturkan, adapun 7 PKBM dan 1 LKP yang melaksanakan pelatihan tersebut diantarannya, PKBM Sahru, Sukma Jaya, Oi Niu, Oi Sii, Aminulah, Ali Syakur, terumbun Kara dan LKP mekar sari.

Seluruh peserta nanti akan memperoleh materi pelatih di setiap lembaga masing masin dengan waktu kegiatan lembaga terhitun 200 jam pelajaran. Sedangkan untuk materi yang disampa seperti Tata Bogad, mecantika di tanah tradisional Bima.
Sementara itu, Kepala Dinas Dikbud Kota Bima, Dr. Syamssin, M. Pd, mengungkapkan kepada para peserta kursus pelatihan dengan dapat memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.

Adapun para peserta sudah merintis usaha kecil sederhana, tentu harus lebih disiplin mengikuti rangkaian pelatihan tersebut.

Melalui PKW ini, Pemerintah menginginkan kepada seluruh peserta pelatihan mengikuti semua tahapan pelatihan agar dapat menyerap materi yang disampaikan dan bisa diaplikasikan dalam dunia usaha.

Ia menambahkan, disaat pandemi Covid-19 ini masih berlanjut, tentu saja mempengaruhi perkembangan usaha. Maka dari itu harus dibarengi dengan peningkatan keterampilan serta Inovasi.

Pelatihan inipun bertujuan agar usaha dari peserta bisa bersaing di pasar. Sehingga motivasi juga pada peserta yang telah mengikuti rangkaian pelatihan nanti akan diberikan bantuan alat untuk kerja mandiri tersebut. (Usman).