Gelar Sosialisasi Penempatan Kerja Luar Negeri Oleh Dinas Ketenaga Kerja Kota Bima.
Cari Berita

Iklan 970x90px

Gelar Sosialisasi Penempatan Kerja Luar Negeri Oleh Dinas Ketenaga Kerja Kota Bima.

Monday, September 21, 2020

Plt. Kadis ketenaga kerja Kota Bima


Kota Bima, Media Info Bima Online - Pemerintah Kota Bima melalui Dinas Ketenaga kerja kota Bima menggelar Sosialisasi penempatan kerja luar negeri program penempatan kesempatan digelar di aula kantor Camat Asakota  Senin 21/9/2020.


Dihadiri  Walikota Bima diwakil Asisten 1 Setda Kota Bima, Kadis dan Sekertaris Disnaker Kota Bima, Camat Asakota, Lurah Se kecamatan Asakota, dan sejumalh undangan lain. 


Plt Kepala Dinas Ketenaga Kerja Kota Bima H. Gawis dalam sambutannya menyampaikan bahwa tenaga kerja kota Bima yang bekerja di luar negeri sebanyak 303 orang yang keberangkatan melalui jalur pemerintah  dalam hal ini melalui PT yang terdaftar di dinas ketenaga kerja Kota Bima, namun banyak juga calon Tenaga kerja luar negeri keberangkatan melalui jalur tikus ( illegal).


Maka dari itu perlu dilakukan sosialisasi ini,  bertujuan untuk memberikan pemahaman  terkait calon ketenaga kerja luar negeri dan juga untuk menghindari hal hal yang tidak di inginkan. Ungkap Kadis pada media ini.


Selama ini banyak kejadian yang di alami oleh masyarakat yang bekerja di luar negeri seperti meninggal dunia, sakit dan penempatan kerjanya tidak sesuai dengan perjanjian awal, tentu kami atas nama pemerintah kota Bima tidak menginginkan hal itu terjadi. Ujarnya.


Selain itu kata Kadis akan melakukan ferifikasi  terhadap PT.  yang membawa calon tenaga kerja luar negeri yang beroperasi di wilayah Kota Bima harus terdaftar di dinas ketenaga kerja kota Bima hal itu dilakukan untuk memudahkan koordinasi tekait calon tenaga kerja luar negeri dan juga untuk mengetahui status keberangkatan calon tenaga kerja luar negeri  tuturnya.


Sementara itu, Walikota Bima diwakili Asisten I Setda Pemkot Bima Hj.Rini berharap agar calon tenaga kerja luar negeri keberangkatannya dilakukan melalui jalur pemerintah kota Bima , untuk itu berharap pada  pemerintah kecamatan dan kelurahan di kota Bima untuk mengsosialisasikan ke masyarakat tentang  syarat calon tenaga kerja luar negeri melalui jalur pemerintah dan semoga tenaga  kerja  di luar negeri mendapatkan pekerjaan baik sesuai dengan keterampilan yang dimiliki dan semoga mendapatkan majikan yang hati mulia.Harapnya.


Dijelaskan bahwa dalam UU nomor 18 tahun 2017 tentang jaminan calon tenaga kerja luar negeri hal itu dilihat dari beberapa aspek, syarat  calon tenaga kerja luar negeri diataranya mempersiapkan diri mental, kesehatan dan dukungan keluarga dalam keberangkatan kerja di luar negeri Jelasnya. (Usman).