STIE Bima Cetak 225 Sarjana Terbaik, Angkatan XVII Tahun 2020.
Cari Berita

Iklan 970x90px

STIE Bima Cetak 225 Sarjana Terbaik, Angkatan XVII Tahun 2020.

Wednesday, September 9, 2020

 

Inilah Wisudah dan Wisudawati Terbaik STIE Bima Angkatan Ke-XVII Tahun 2020.


Kota Bima, Media Info Bima Online - Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bima melaksanakan Senat Terbuka dalam Rangka wisuda Sarjana Ekonomi angkatan XVII Tahun 2020 di Aula Kampus STIE Bima, (09/09/2020).


Terhadap Media Info Bima Online pada moment yang dinilai spektakuler itu melaporkan, Dihariri Perwakilan LLDIKTI Wilayah VIII Sejumlah Pejabat Lingkup Pemerintah Kota Bima dan Kabupaten Bima, Ketua Sekolah TInggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bima, Firdaus, ST, MM, para Dosen dan Staf Pengajar STIE Bima, para Orang Tua serta para Wisudawan dan Wisudawati STIE Bima nampak dengan keceriahannya.

Pada moment tersebut juga berlangsung sambutan Ilmiah disampaikan secara langsung oleh pihak Perwakilan LLDIKTI wilayah Bali-Nusra yakni yakni Prof. DR. I Made Gunawan Swarnaya dalam sambutannya. Pada saat itu, Kepala LLDIKTI Wilayah Bali-Nusra menyampaikan sejumlah point penting. Antara lain, ratusan orang yang diwisuda ini akan mampu membuktikan dirinya sebagai yang terbaik setelah keluar dari STIE Bima.


Menurut Perwakilan LLDIKTI ini, baik-buruknya nasib seseorang sungguh sangat bergantung kepada dirinya sendiri. Banyak ruang yang diciptakan di luar STIE Bima untuk diisni oleh para sarjana yang dicetak hari ini. Jika ruang-ruang tersebut tidak mampu diisi dengan ide dan gagasan cerdas, tentu saja ratusan Sarjana yang dicetak tersebut akan berhadapan dengan kegagalan yang sangat besar.

Foto : Perwakilan LLDIKTI Wilayah Bali-Nusra, Prof. Dr. I Made Gunawan Swarnaya.

Prof. Dr. I Made Gunawan Swarnaya Dalam sambutannya ilmiahnya yang berlangsung sekitar lebih dari setengah jam itu, Perwakilan LLDIKTI Wilayah Bali-Nusra ini menekankan kepada para wisudawan maupun wisudawati agar mampu membuktikan diri sebagai yang terbaik di tengah-tengah masyarakat melalui usaha-usaha baru sesuai dengan kemampuan ilmu yang disandangnya.

“Jasa-jasa orang tua serta doa dan dorongan orang lain sehingga ratusan orang yang berhasil mendapat gelaer Sarjana Ekonomi (SE) hari ini, harus diterjemahkan dalam bentuk nyata melalui pemaknaan dari disiplin ilmu yang diraih selama kuliah di Kampus ini. Sebab, para pihak tersebit tentu saja enggan bahwa ratusan sarjana yang dicetak hari ini akan menjadi penggangguran setelah keluar dari Kampus ini. Ingat, gagal dan sukses tergantun dari ikhtiar dan doa kita semua. Oleh karenanya, kami berharap agar para sarjana yang dicetak hari ini mampu mengisi ruang-ruang besar yanga da di luar demi keberlangsungan hidup dan masa depannya alias tak lagi bergantung kepada orang tuanya masing-masing,” imbuh I Made Gunawan Swarnaya Perwakilan LLDIKTI Wilayah VIII (Bali, Nusra) ini.


Masih dalam sambutan Ilmiah ini, Perwakilan LLDIKTI juga menjelaskan-bagi STIE Bima dibawah pimpinan Firdaus, ST, MM yang telah menciptakan ratusan Sarjana dari tahun ke tahun merupakan sebuah kebanggaan bagi masyarakat Bima baik Kota maupun Kabupaten Bima. Dan hal itu, juga mencerminkan adanya mutu-kualitas STIE Bima, salah satunya melalui kemampuannya memiliki gedung sendiri untuk mewisudah para sarjana dari tahun ke tahun.


“Uang yang kalian peroleh dari orang tua selama kuliah di STIE Bima ini, salah satunya dimanfaatkan untuk pembangunan gedung yang sekarang dipakai untuk mewisuda ratusan sarjana. Oleh karena itu, tentu saja orang bima haru Bangga dengan hal ini. Gedung yang digunakan untuk wisuda ini terlihat sudah lebih dari cukup, dan kita semua harus apresiatif dan bangga,” pungkasnya.


Pada sambutan Ilmiah ini juga menjelaskan, era globalisasi yang sedang dihadapi tentu membutuhkan kecerdasan dalam menjawabnya. Persainganh di era globalisasin ini pun diakuinya sangat ketat. Untuk itu, era globa menuntut Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal. “Lulusan STIE ini, saya pikir akan mampu memanfaatkan peluang yang ada jika tak ingin menjadi bangsa tertinggal. “Kompetisi semakin keras apalagi sekarang kita sudah berada pada era digital. Untuk itu, kemampuan dan kecerdasan tentu saja dibutuhkan jika ingin bebas dari ketertinggalan,” desaknya.

Foto : Ketua STIE Bima, Firdaus, ST, MM

Ketua STIE Bima, Firdaus ST, MM menjelaskan, kegiatan wisuda yang dilaksanakan hari ini merupakan agenda periodik dilaksanakan pada tiap tahunnya. Kendati demikian, Firdaus mengaku bahwa lulusan kali ini dipastikan siap mengarungi iklim dunia usaha yang semakin kompetitif. “Wisuda tahunan ini dalam rangka menciptakan generasi yang handal, dimana kedepannya kita memiliki insan yang memiliki kemampuan yang bersaing secara inovatif dan berdaya jual baik dalam kehidupan bermasyarakat maupun di lingkungan kerja serta dunia usaha,” papar Tokoh Akademisi yang dikenal santai dan dekat dengan berbagai kalangan ini.


Firdaus menyatakan, pihaknya berharap agar anak didiknya memaksimalkan sumber daya terbaiknya guna menciptakan lapangan kerja. Oleh sebab itu, sebagai bekal berwirausaha, diapun memberikan tujuh kata kuncinya bagi kesukses merka untuk kedepan alias setelah keluar dari Kampus ini. Yakni bisa memanfaatkan peluang sekecil apapun, mempunyai kemauan keras, berani mencoba, istiqomah-sabar-berdoa, belajar dari kegagalan, bersyukur dari apapun yang diterima dan bisa berbagi kepada orang lain. "Mudah-mudahan para wisudawan dan wisudawati kedepannya dapat menciptkan ide-ide inovasi dan kreatif. Bisa menciptakan perubahan bagi bangsa dan negara serta mampu membuka lapangan kerja baru," harap Firdaus.


Lanjut Firdaus, menjelaskan kesuksesan akan bisa diwujudkan melalui kemampuan dan kecerdasan bagi siapapun untuk mengaplikasikan ilmu yang dimilikinya. Lulusan Sarjana Ekonomi, diakuinya memiliki ruang-ruang besar untuk menciptakan ide dan gagasannya. Salah satunya adalah menumbuhkan-kembangkan dirinya menjadi Enterpreneur di manapun ia berada yang ditambah dengan modal yang dinilai tidaklah terlalu besar.

Di mana ada kemauan di situ pasti ada jalan. Semuanya harus diawali dengan niat baik, dijalani dengan serius, menekuninya dengan sungguh-sungguh, menjalaninya dengan penuh kesabaran yang disertai doa. Sekali lagi, tak ada kesuksesan tanpa ikhtiar dan doa. Untuk itu, saya harapkan agar ratusan wisudawan dan wisudawati STIE Bima hari ini agar mampu membuktikan sebagai anak bangsa terbaik baik untuk dirinya, keluarganya maupun orang lain. Ingat, titel Sarjana yang disanndang tentu saja pada akhirnya akan bermuara pada dua hal, yakni sukses dan gagal. Jika ingin sukses, maka berusahalan sekuat tenaga untuk menterjemahkan displin ilmu yang dimiliki. Jika sebaliknya, maka bersiap-siaplah menjadi bangsa tertinggal, dan sesungguhnya hal itu (gagal) tidak disukai oleh siapapun,” Tutup Firdaus.

Inilah Wisudawan-Wisidawati STIE Bima Angkatan ke-XVII Tahun 2020. 

Catatan terakhir Info Bima pada moment tersebut melaporkan, prosesi wisuda Sarjana STIE Bima Angkatan ke-XVII Tahun 2020 ini berjalan lancar, aman, dan tertib. Masih dalam liputan Info Bima, usai moment wisudah dilaksanakan terlihat adanya kegiatan foto bersama antara para wisudawan dan wisudawati dengan keluarganya. (Usman).