Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Bima Adakan Lomba Perahu Hias di Hari Sumpah Pemuda.
Cari Berita

Iklan 970x90px

Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Bima Adakan Lomba Perahu Hias di Hari Sumpah Pemuda.

Wednesday, October 28, 2020


Kota Bima - KontrasBima. Com. - Pemerintah Kota Bima melalui Dinas Kelautanan dan Perikanan dan koloborasi dengan Dinas Pariwisata, menggelar kegiatan lomba perahu hias dalam rangka menyambut Hari Sumpah Pemuda yang diselenggarakan di Pantai Kolo Kecamatan Asakota Kota Bima, Rabu (28/10/2020).


Sebelum pelaksaan lomba perahu hias, terlebih dahulu dilakukan Apel upacara Hari Sumpah Pemuda yang berlangsung di Pantai Kolo setempat yang dipimpin oleh Wali Kota Bima HM. Lutfi, SE.


Ketua Panitia sekaligus Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Bima, Ir. Hj. Siti Jaenab mengatakan, kegiatan lomba perahu hias dalam rangka hari sumpah pemuda tanggal 28 Oktober 2020, bertujuan untuk mengangkat kearifan lokal perahu nelayan dan mempromosikan pariwisata Kota Bima, dalam hal ini wisata bahari yang menjadi salah satu urat nadi perekonomian dan sosial budaya bagi nelayan Kota Bima.

 

Pelaksanaan kegiatan lomba perahu hias ini selama 1 hari. Para peserta lomba merupakan perwakilan nelayan Kota Bima yang berdomisili di Kelurahan pesisir Kota Bima, yaitu Kecamatan Asakota dan Rasanae Barat, dengan jumlah peserta lomba sebanyak 100 perahu peserta.


Adapun para juri yang menilai pada perlombaan perahu hias ini diantaranya, dari Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Pariwisata, Syahbandar / KSOP Bima dan Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI). 


Selanjutnya, keriteria yang dinilai yaitu, Keindahan, Kelengkapan, Inovasi penumpang dan Keselamatan. Kemudian keriteria Peserta adalah kelompok atau mewakili nelayan Kota Bima, dengan jumlah minimal 2 orang setiap perahu dan jumlah maksimal disesuiakan besarnya perahu. 


Pelepasan Perahu Hias oleh Sekda Kota Bima star dari kawasan jembatan pancala pantai Kolo, sampai difinis di So Keu dengan jarak 100 meter di sambut oleh Wali Kota Bima beserta undangan yang hadir. Jelasnya.


Wali Kota Bima, H.M. Lutfi, dalam sambutannya menyampaikan, terkait pandemi covid-19 yang melanda Kota Bima, untuk itu diri mengajak seluruh lapisan masyarakat, khususnya pemuda untuk tetap menggunakan masker.


Dikatakannya pula, bahwa saat ini suhu panas di Kota bima mengalami peningkatan hingga 90 °c. Untuk itu dirinya menghimbau pemuda dan masyarakat untuk melakukan kegaiatan penananam  demi menghijaukan Kota Bima. "Baik itu Pemuda ditingkat kelurahan, Kecamatan maupun tingkat Kota harus bahu membahu untuk bisa menurunkan suhu panas di Kota Bima," ujarnya.


Lanjut Wali Kota, untuk penanam maupun penghijauan Pemerintah Kota Bima sudah mengalokasikan anggaran untuk kegiatan di wilayah ncai Kapenta dan Kolo seluas 200 HA. Dan kegiatan ini mungkin nanti bisa diikuti oleh kelurahan lainnya. 


Diakhir sambutannya Wali Kota memberikan Apresisasi pada seluruh panitia atas terselenggaranya kegiatan Lomba Perahu hias ini. Semoga kedepan lomba seperti ini jauh lebih meriah lagi.


Wali Kota Berharap agar tetap mentaati protokol Covid 19 selama pelaksanaan lomba. Dan secara resmi membuka kegiatan lomba perahu Hias Tutupnya. (Usman).