Disdukcapil Kota Bima Tetap Maksimal Melayani Meskipun di Tengah Pendemi Covid-19.
Cari Berita

Iklan 970x90px

Disdukcapil Kota Bima Tetap Maksimal Melayani Meskipun di Tengah Pendemi Covid-19.

Wednesday, October 21, 2020

Foto : Kepala Disdukcapil) Kota Bima, Hj. Mariamah, SH.


Kota Bima, Media Info Bima Online - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, (Disdukcapil) Kota Bima, tetap berupaya memberikan pelayan maksimal bagi masyarakat yang ingin mengurus Administrasi Kependudukan meskipun di tengah Pendemi Covid-19. Rabu, (21/10/2020).


Insyaallah, kami di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Tetap melayani pelayanan Administrasi secara maksimal. 


Karena menjadi kewajiban pemerintah dalam hal ini, Dukcapil melayani masyarakat sesuai kebutuhan seperti pembuatan KTP, Akte kelahiran, juga beberapa kebutuhan lainnya yang menyangkut kejelasan legalitas.


Bahkan dalam sehari kami bisa melayani masyarakat sebanyak 250 bahkan 300 orang, Ujar Kadis Kependudukan dan Capil Kota Bima, Hj. Mariamah, SH. kepada media Info Bima ini.


Bagusnya pelayanan di tengah Covid-19 tersebut kata Mariamah, Dukcapil mengunakan pelayanan kepada masyarakat dengan sistem online, kecuali pada saat pengambilan KTP, juga Akte kelahiran wajib mengambilnya di Kantor. 


Jadi sekarang ini kami gunakan sistem online untuk input berkas-berkasnya seperti pelayanan pembuatan KTP dan sebagainya, dapat dikirim lewat online bahannya. Hanya saja untuk pengambilan KTP wajib pengambilan di Kantor sebab tak diperbolehkan untuk diwakili.


Diakuinya, pelayanan sistem online ini, sangat memudahkan bagi layanan kepada warga masyarakat, karena bahan untuk segala pembuatan kebutuhan itu, dapat diinput lewat online.



Bahkan diakuinya pula, dampak positif dari pelayanan secara online ini sudah tidak ada antrian lagi. warga tidak saling bertatap muka, tidak berkerumunan lagi. Apalagi protap Covid-19 tidak memperbolehkan adanya keramaian. Ini artinya pelayanan dilakukan Dukcapil tetap mengacu pada aturan protap Covid-19. sebut Mariamah.


Selain itu juga kata Mariamah, pembuatan KK, juga surat pindah lainnya, dapat dikirim melalui pesan WassApp (WA) atau mengunakan PDF. Sehingga pelayanan bagi kebutuhan masyarakat sangatlah mudah tidak terlalu merepotkan.


Insyaallah, pelayanan secara online ini akan tetap dijalankan sampai kapanpun karena dengan cara ini semakin memudahkan pelayanan bagi kita semua. Pungkas Manta Kabag Hukum Pemkot Bima ini,  (Usman).