Mampu Ciptakan Pupuk Organik, Kelompok Tani ini Dapat Apresiasi Kadis Tambun Dompu
Cari Berita

Iklan 970x90px

Mampu Ciptakan Pupuk Organik, Kelompok Tani ini Dapat Apresiasi Kadis Tambun Dompu

Monday, October 5, 2020

 

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distambun) Kabupaten Dompu Ilham, SP Tinjau Pembuatan Pupuk Organik Dilakukan Kelompok Tani di Kelurahan Kandai Satu

Dompu, Infobima.com - Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distambun) Kabupaten Dompu Ilham, SP tinjau lokasi pengolahan pupuk organik bertempat di Lingkungan Sambi Tangga Kelurahan, Kandai Satu, Kecamatan Dompu, Kabupaten Dompu, NTB, Senin (5/10/2020) sekira pukul 14.30 Wita.


Kepada wartawan Ilham, Sp mengatakan, bahwa kunjungan ini sekaligus untuk melihat langsung kondisi usaha para anggota kelompok tani berada di wilayah pertanian Kelurahan Kandai Satu dalam membuat pupuk organik yang dinilai telah berhasil.


"Kita memberikan apresiasi kepada Kelompok Usaha Ana Nggaro yang mampu membuat pupuk kompos (organik), karena usaha ini dapat meningkatkan ekonomi masyarakat selain itu juga bisa membantu ketersediaan pupuk organik bagi masyarakat petani yang ada. Pemerintah Kabupaten Dompu juga patut memberikan apresiasi kepada Kelompok ini karena mereka orang yang pertama mampu menciptakan pupuk organik di daerah ini," kata Ilham pada wartawan dilokasi pengolahan pupuk.


Terobosan yang luar biasa dalam pembuatan pupuk organik ini, karena untuk mendapatkan hasil yang maksimal para pengerajin ini harus melalui proses yang sulit. "Pembuatannya memakai SOP pengomposan, dengan melakukan fermentasi selama 3 minggu, menggunakan MA II, Vitamin BI dan stater gula merah" Ungkapnya.


Melihat kegigihan para anggota kelompok yang menunjukkan kelihaian dalam membuat pupuk organik secara manual itu. Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distambun) Kabupaten Dompu Ilham, SP berencana akan memberikan bantuan Unit Pengelolaan Pupuk Organik (UPPO) untuk menunjang dan mendukung kelompok dalam menyediakan pupuk organik secara mandiri.


"In Syaa Allah kalau tidak ada halangan" janjinya.


Ditempat yang sama PPL Pertanian Kelurahan Kelurahan Kandai Satu Kaharuddin, SST, mengaku bahwa usaha pembuatan pupuk kompos ini baru berjalan dua bulan, dari dua bulan itu sudah ada yang laku juga dijual sebanyak tiga ton.


"Pembelinya ada dari Kecamatan Dompu, Woja, Pajo dan bahkan sudah sampai di Kecamatan Kilo," ungkap Kaharuddin.


Sementara itu Lurah Kandai Satu, Dedy Arsyk, S.Sos, yang turut menyambut kehadiran Kepala Dinas Petanian dilokasi pembuatan pupuk organik. Dikesempatan itu ia menyampaikan penghargaan dan apresiasi yang tinggi atas kehadiran Kadis tambun, ia berharap semoga apa yang menjadi harapan petani dapat di realisasikan.


"Apa yang menjadi harapan petani dapat dipertimbangkan mengingat lokasi Kelurahan Kandai Satu merupakan lumbung Padi Kabupaten Dompu," harap Lurah Kandai Satu.


Hal serupa disampaikan juga oleh Abdurrahman Ilyas selaku Ketua Kelompok Tani H. Musa. Dia juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas kehadiran Kepala Dinas di lokasi pengelolaan pupuk organik.


"Ini adalah kejadian langka yang kami temui sekarang, karena selama kami menjadi Pengurus Kelompok Tani baru sekarang kami didatangi secara langsung oleh Kepala Dinas terkait di lapangan," Pungkasnya.


Ia berharap kelompok tani H. Musa dapat diperhatikan oleh Kadis Tambun, karena selama ini kelompok tani tidak pernah mendapat bantuan traktor maupun bibit pertanian dari Dinas tersebut.


"Selama dibentuknya kelompok tani ini kami belum pernah sekalipun dapat bantuan dari Pemerintah," harap Abdurrahman Ilyas


Hal serupa yang di sampaikan oleh Ketua kelompok Tani So Bata Rasyidin, dirinya berharap agar pemerintah dapat membatu kebutuhan mereka, karena sejauh ini para petani kerap mengeluhkan terkait saluran irigasi di lokasi So Bata yang saat ini dalam kondisi rusak parah.


"Harapan kami saluran irigasi dapat itu dapat diperbaiki, mengingat dalam wilayah kelompok kami masih banyak saluran irigasi yang belum diperbaiki," harapannya.(Din)