Sumbawa Akan Dibangun Pengilingan Padi Melalui BUMN, dan Dompu Dapat Pengolahan Jagung.
Cari Berita

Iklan 970x90px

Sumbawa Akan Dibangun Pengilingan Padi Melalui BUMN, dan Dompu Dapat Pengolahan Jagung.

Tuesday, October 6, 2020

Media Info Bima Online - Anggota DPR RI komisi IV dari dapil NTB 1 (pulau sumbawa) H M Syafrudin ST., MM sangat berterimakasih atas perhatian pemerintah pusat atas kepeduliannya bagi para petani yang mana melalui BUMN akan membangun fasilitas bertaraf internasional dalam pengolahan jagung di kabupaten Dompu dan penggilingan padi dikab Sumbawa.



HMS mengungkapkan untuk pembangunan di kabupaten Sumbawa berbagai proses baik administrasi maupun lapangan sudah sembilan puluh persen rampung dan tinggal menunggu waktu untuk groundbreaking," jelas DPR Tiga periode ini. ujarnya, Senin, (5/10/20).



Adapun rincian yang dia ketahui berdasarkan pemerintah pusat yakni dengan data Modern rice milling plant (MRMP) :


1. Nilai investasi : 88 M


2. Kapasitas silo : 6.000 ton ( 3 unit)


3. Kapasitas drying : 120 ton/hari.


4. Alamat : desa untirmalang kecamatan, Lapelopok kabupaten Sumbawa.


Sementara untuk di dompu sedang dalam proses penjajakan lapangan untuk memenuhi kriteria faktor pendukung dilapangan.


Rincian corn drying center (CDC) :


1. Nilai investasi : 92 M


2. Kapasitas silo : 15.000 ton (5 unit)


3. Kapasitas drying : 120 ton/hari


4. Alamat :  Manggalewa - Dompu. 


Anggota DPR RI Tiga periode yang dikenal dengan sumbangan kursi setiap kantor desa serta kelurahan ini mendukung sepenuhnya upaya pemerintah dalam meningkatkan ketahanan pangan nasional dengan membangun berbagai infrastruktur penunjang apalagi dipilihnya pulau sumbawa sebagai lokasi pembangunannya, pilihan lokasi ini sangat beralasan karena memang pulau sumbawa memiliki peningkatan kwalitas dalam menghasilkan produksi jagung dan beras," terang HMS. 


HMS, berharap dengan adanya bangunan tersebut dapat menambah gairah petani di pulau Sumbawa dalam meningkatkan hasil pertaniannya serta mengurangi ketergantungan pengalihan hasil pertanian dari daerah lain. (Usman).