Walikota Bima Kembali Raih WTP
Cari Berita

Iklan 970x90px

Walikota Bima Kembali Raih WTP

Monday, October 26, 2020

Kota Bima, Media Info Bima Online - Pemerintah Kota Bima menerima penghargaan dari Pemerintah RI atas Capaian Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Tahun 2020, ini menjadi kali ke-6 berturut-turut untuk Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun 2014 sampai dengan tahun 2019.



Penghargaan Opini WTP diterima langsung oleh Wali Kota Bima H Muhammad Lutfi SE dari Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal (Ditjen) Perbendaharaan (DJPb) Provinsi NTB, Syarwan, mewakili Pemerintah RI, Senin, 26 Oktober 2020 bertempat di Aula Kantor Walikota Bima. 


Wali Kota Bima menyampaikan apresiasi atas capaian WTP keenam kali yang didapat Kota Bima. Ia berharap DJPb terus bersinergi untuk mendukung capaian ini ke depan.  



"Kalau masih ada yang belum sempurna, misalnya Dana Kelurahan, mari kita bina dan perbaiki bersama SDM di Kelurahan. Begitu juga dengan yang lain agar lebih baik," ajak Wali Kota saat pengarahan usai menerima penghargaan. 


Sementara itu, Kepala Kanwil Dirjen Perbendaharaan (DJPb) Provinsi NTB Syarwan mengatakan penghargaan ini terkait dengan capaian opini tertinggi dalam penyusunan laporan keuangan yang diraih Kota Bima yaitu WTP. 



"Kalau sudah lebih dari lima kali berturut-turut memperoleh Opini WTP, maka ini capian yang luar biasa," kata Syarwan. 



Menurutnya, Opini WTP menggambarkan bahwa pengelolaan keuangan oleh Pemerintah Daerah itu sudah sangat baik, sudah sesuai ketentuan aturan baik dari pengadaan maupun pertanggungjawabannya. 



Dengan WTP ini masyarakat makin yakin bahwasanya uang yang di kelola pemerintahan sudah dikelola dengan baik. Begitupun investor-investor yakin dan tidak akan ragu menanamkan modalnya di Kota Bima. 



Selanjutnya Syarwan juga menyampaikan, masyarakat juga dapat didorong untuk mengembangkan UMKM. Ia menerangkan saat ini banyak pembiayaan yang dikucurkan pemerintah demi mendukung pengembangan UMKM. Misalnya ada Kredit Usaha Rakyat (KUR) bunganya sangat rendah itu sampai cuma 6 persen. 


"Nah ini bisa di optimalkan," sebutnya. 


Hadir pada kesempatan tersebut selain Walikota Bima H. Muhammad Lutfi SE, juga Kepala kantor wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharan Provinsi NTB Syarwan beserta jajarannya, Kepala KPPN, dan Kepala BPPKAD Kota Bima beserta jajarannya. 



Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan Piagam penghargaan dari Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharan Provinsi NTB kepada BPKAD Kota Bima sebagai mitra terbaik ketiga dalam penyampaian laporan keuangan Pemerintah Daerah Tahun 2019. (Usman).