Bertandang di Sekretariat MOI: Kabid Dikdas Minta Dukungan untuk Kemajuan Pendidikan
Cari Berita

Iklan 970x90px

Bertandang di Sekretariat MOI: Kabid Dikdas Minta Dukungan untuk Kemajuan Pendidikan

Sunday, November 15, 2020

 

Kabid Dikdas, Dinas Dikpora Kabupaten Dompu Zainal Afrodi, S.Pd, MM Bersilaturahmi dengan Perkumpulan Anggota Media Online Indonesia (MOI) Dompu


Dompu, Infobima.com - Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas), Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga ( Dikpora) Kabupaten Dompu Zainal Afrodi, S.Pd, MM berkunjung ke Sekertaris DPC Media Online Indonesia (MOI) Kabupaten Dompu guna menjalin silaturahmi dengan anggota media yang tergabung dalam organisasi (MOI), Minggu (15/11/20), pukul 16.30 wita.


Pertemuan itu membahas terkait rencana pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tatap muka ditengah pandemi pada dataran dunia pendidikan di tingkat SD dan SMP yang ada di Kabupaten Dompu.


Kehadiran Kabid Dikdas ini dengan harapan adanya peran aktif media untuk mendukung pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tatap muka yang segera akan dilaksanakan. Diharapkan peran media bisa memberikan kontrol sosial untuk mendukung tercapainya pelaksanaan itu yang akan dilakukan dengan konsep memenuhi standar protokol kesehatan.


Zainal Afrodi yang biasa disapa (Dae Fery) ini menilai, media memiliki perang penting untuk membantu pelaksanaan KBM karena tanpa media pelaksanaan KBM tatap muka akan sulit dicapai mengingat Kabupaten Dompu sekarang dalam zona oranye. 


Pekan lalu Dinas Dikpora telah melaksanakan simulasi KBM tatap muka pada 4 sekolah, dan pelaksanaan uji coba KBM tatap muka itu dengan memperhatikan standar protokol Covid-19 dengan menerapkan 3-M (Memakai Masker, Mencuci tangan dan Menggunakan Hand sanitizer) dan itu dinilai sukses dilakukan.


"Media memiliki fungsi kontrol yang besar untuk menilai sekolah mana saja yang layak melaksanakan kegiatan KBM. Kalau media menilai simulasi KBM tatap muka yang kita laksanakan itu gagal, maka opini yang berkembang akan gagal begitu juga sebaliknya" Kata Fery. 


Dengan demikian Kabid Dikdas ini berharap kerja sama media untuk memberitakan, bagaimana sistim yang diterapkan oleh sekolah.


 "Bagaimana mereka menerapkan saat masuk sekolah, saat pembelajaran sampai mereka pulang" ungkapnya.


Merespon harapan dari Kabid Dikdas, DPC MOI Dompu Sarwon Al-Khan menyampaikan 4 fungsi peran media dalam hal pemberitaan.

Yang pertama media mempunyai fungsi kontrol sosial.

"Fungsi kontrol sosial ini adalah suatu mekanisme untuk mencegah penyimpangan sosial serta mengajak dan mengarahkan untuk berperilaku dan bersikap sesuai norma dan nilai yang berlaku. Dengan adanya kontrol sosial yang baik diharapkan mampu meluruskan yang berperilaku menyimpang dan membangkang.


Kemudian fungsi pendidikan.

"Disektor apa saja dalam pemberitaan media itu harus tampil dengan nuansa pendidikannya, mau  berita kasus, berita politik dan apa saja, jangan lupa, ada nilai-nilai pendidikan yang dikutip oleh masyarakat disitu.


Lalu fungsi hiburan:

"Media harus bisa memainkan nuansa hiburan dalam isi pemberitaannya, meskipun dalam pemberitaan soal kasus bisa memainkan narasinya untuk menghibur pembaca.


Terakhir fungsi ekonomi:

"Yang dialami Media itu, fungsi ekonomi lah yang masih lemah di Kabupaten Dompu, padahal, banyak orang yang menggantungkan hidup dari media ini. Kenapa Pemerintah ini tidak meleburkan jiwanya untuk bisa memberdayakan media online, padahal saat ini, yang merajai dunia itu adalah online" pungkas Sarwon.(Din)