BPN Kabupaten Bima Serahkan Lima Ribu Sertipikat Tanah
Cari Berita

Iklan 970x90px

BPN Kabupaten Bima Serahkan Lima Ribu Sertipikat Tanah

Wednesday, November 11, 2020

Bima, Media Info Bima Online - Dalam rangkaian peringatan Hari Bhakti Agraria dan Tata Ruang Nasional (HANTARU) Tahun 2020, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menyerahkan satu juta sertipikat tanah pada masyarakat pemilik lahan di 31 Provinsi dan 201 Kabupaten/Kota Se-Indonesia.

                  

Secara nasional, acara penyerahan satu juta sertipikat tanah untuk rakyat Indonesia dilakukan  Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo Senin (9/11/2020) dari Istana Negara, Jakarta, sementera, penyerahan di tingkat provinsi dan kabupaten dilaksanakan secara daring. 


Pada kesempatan tersebut Presiden Joko Widodo yang didampingi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Sofyan A. Djalil dan Kepala Staf Kepresidenan  Moeldoko menjelaskan bahwa dalam waktu dekat akan diterapkan sertifikat atau sertifikat elektronik yang ditunjukkan untuk meminimasi meminimalisir pemalsuan sertipikat lahan

Jokowi menambahkan, terdapat 126 juta lahan yang harus disertipikat dan terdapat 18,9 juta bidang tanah yang sudah disertipikat. Sebanyak 2,4 juta sertipikat sudah diserahkan langsung pada setiap kunjungan Presiden ke daerah.

                

"Sertipikat lahan kata Presiden, penting untuk menghindari terjadinya konflik, baik antara individu dengan perusahaan, maupun individu dengan pemerintah. Presiden berharap, pada tahun 2025 semua bidang tanah sudah bersertipikat termasuk untuk tempat ibadah.     


Di tingkat Kabupaten Bima, penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Asisten I Setda Kabupaten Bima H. Putarman SE didampingi kepala Kantor ATR/BPN Kabupaten Bima Moh. Gholib Syaifudin A. Ptnh kepada 50 peserta di Aula Kantor Bupati Bima. 


Moh. Gholib mengatakan bahwa Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) pada tahun 2020 di Kabupaten Bima mendapat target sebanyak 9.500 bidang tersebar di 10 desa. 

               

Kepala Kantor Pertanahan Bima ini juga mengaharapkan kepada masyarakat yang telah menerima sertipikat agar bisa dimanfaatkan sebagai alat bukti permodalan yang dapat dijaminkan  di Perbankan sebagai penopang modal usaha sehingga dapat meningkatkan kesejahtraaan masyarakat kabupaten Bima. 


"Kami selaku jajaran Kantor Pertanahan Kabupaten Bima mengucapkan apresiasi atas kerja sama yang telah terjalin baik dengan Pemerintah Kabupaten Bima dan tak lupa terima kasih atas dukungan Pemerintah Kabupaten Bima sehingga kegiatan penyerahan sertipikat secara simbolis ini berjalan dengan baik dan sukes,” ujarnya.     


(Tim Komunikasi Publik Dinas Kominfo dan Statistik Kabupaten Bima)