Menyambut Hari Pahlawan Percasi Kota Bima Gelar Lomba Catur Se-Pulau Sumbawa.
Cari Berita

Iklan 970x90px

Menyambut Hari Pahlawan Percasi Kota Bima Gelar Lomba Catur Se-Pulau Sumbawa.

Friday, November 13, 2020

Foto Ketua Panitia H. Muhammad Saleh, ST.MH, dan Sekertaris Panitia, 


Kota Bima, Media Info Bima Online - Dalam rangkah memeriahkan Hari Pahlawan Tahun 2020 Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kota Bima melalui Chess Club Bidak Bersusun adakan open turnament catur Non Master Tingkat Kota/Kabupaten Se Pulau Sumbawa selama tiga hari yang berlangsung di Aula SMA Negeri 2 Kota Bima dengan tema “Kita Tingkatkan Jiwa Patriot Dalam Bertanding Junjung Tinggi Sportivitas”. Open turnament catur non master tingkat Pulau Sumbawa yang buka secara langsung oleh Ketua Percasi Provinsi NTB Abdul Jais Jum’at (13/11/2020) pagi yang di ikuti oleh 100 orang peserta (Atlet) pendaftar dan peserta terbanyak di raih oleh para atlet asal Kabupaten Bima. pada Minggu (15/11/2020).


Dalam laporannya Ketua Panitia H. Muhammad Saleh, ST., MT didampingi oleh Sekertaris Panitia, mengatakan, kegiatan ini di suport oleh KONI Kota Bima senilai Rp. 15 Juta dan sumbangan dari donatur lainnya sebanyak Rp. 10 Juta, sehingga total anggaran pada Open turnament catur non master Tingkat Pulau Sumbawa ini sebesar Rp. 25 Juta saja. “Peserta yang sudah mendaftar hingga Jum’at (13/11/2020) siang mencapai 100 atlet pendaftar dan tidak menutup kemungkinan calon pendaftaran lainnya bertambah. Pasalnya, panitia tetap membuka pendaftaran bagi pemain catur non master,” ujarnya. 


Sementara itu, Ketua Chess Club Bidak Bersusun Drs. M. Nor dalam sambutannya menyampaikan, Club Bidak Bersusun di SK oleh Pengurus Cabang Olahraga (Cabor) Percasi Kota Bima Per (25/07/2020) jadi umurnya baru empat bulan yang lalu, tapi Club Bidak Bersusun ini mampu mengadakan kejuaraan antar club dan open turnament di Lapangan Pahlawan Raba Kota Bima hingga 17 kali pertandingan. 


Untuk diketahui oleh Pengurus Percasi Kota Bima maupun Pengurus Percasi Tingkat Propinsi NTB, bahwasannya Club Bidak Bersusun masih kekurangan papan catur dan jam catur. “Diharapkan pada panitia pelaksana kegiatan open turnament ini dapat bersikap adil, jujur dan tegas. Karena open turnament ini selevel propinsi jadi jangan main-main,” harapnya. 



Sedangkan dalam sambutan pembukanya Ketua Percasi Provinsi NTB Abdul Jais mengatakan, catur merupakan simbol ikatan silahturahim dan kita adalah satu keluarga. Sementara kegiatan catur di NTB ini sangat minim sekali, dan hanya nampak yang memiliki kegiatan yakni di wilayah Bima saja (Kota/Kabupaten), sedangkan di Pulau Lombok kegiatan/kejuaraan/open turnament catur nihil sekali dan tanpa kegiatan. “Per akhir Desember 2020 nanti jabatan saya dalam kepengurusan Percasi NTB akan berakhir dan semoga ada kandidat calon ketua lebih dari dirinya,” harapnya. 


Berdasarkan pantauan wartawan ini, pada open turnament tersebut juara satu akan di berikan hadia Rp. 3 Juta dan Rp. 2 Juta untuk yang juara dua, Rp. 1,5 Juta juara tiga dan juara 21 - 30 diberikan hadiah hingga Rp. 100 ribu per atlet serta kejuaraan open turnament ini akan berakhir atau ditutup, (Usman).