Malam Ini, Lombok Utara Diguncang Gempabumi
Cari Berita

Iklan 970x90px

Malam Ini, Lombok Utara Diguncang Gempabumi

Wednesday, June 13, 2018


Lombok Utara, Lensa Post NTB - Beberapa wilayah di Kabupaten Lombok Utara NTB, malam ini Rabu (13/6/2018), pukul 19.24.41 Wita diguncang gempabumi tektonik. Kepala Stasiun Geofisika Mataram, Agus Riyanto, SP, MM mengatakan, bahwa  Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=3.8, dengan episenter di darat pada koordinat 8.49 LS dan 116.07 BT, tepatnya pada jarak sekitar 10 km arah Barat Laut Mataram – NTB dengan kedalaman 10 kilometer.

Peta tingkat guncangan BMKG menunjukkan, dampak gempabumi ini menimbulkan guncangan di Lombok Utara II SIG-BMKG atau III MMI dan Mataram I SIG-BMKG atau II MMI. Hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan akibat gempabumi.

Gempabumi yang terjadi ini merupakan jenis gempabumi intraplate dengan hiposenter dangkal akibat aktivitas sesar lokal. Hasil pemodelan yang dilakukan BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.

Kepada warga di wilayah Lombok Utara dan sekitarnya dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (Tim Lensa Post NTB/ BMKG)