Gabungan 3 LSM NTB Mendemo BNI Cabang Bima dan Memboikot Jalan Negara
Cari Berita

Iklan 970x90px

Gabungan 3 LSM NTB Mendemo BNI Cabang Bima dan Memboikot Jalan Negara

Thursday, March 25, 2021

 

Foto :Ketua BIMPAR NTB. Abdul Ghani.


Kota Bima, Media Info Bima Online - Aksi Jilid Ke-Vl kali yang di lakukan oleh Gabungan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Lembaga Pengawas Kebijakan Pemerintah Dan Keadilan (LP-KPK) Bima NTB. Lembaga Pemantau Pengawasan Korupsi (LPPK) NTB. Barisan Intelektual Muda Pembela Rakyat (BIMPAR) NTB Dan Lembaga Keadilan Poroa Muda (LKPM) NTB.  


Setelah beberapa kali melakukan aksi di depan Bank Negara Indonesia (BNI) Cabang Bima. Kaitan persoalan hilangnya beberapa Saldo Nasabah dan Pemotongan Uang Beasiswa Mahasiswa yang tanpa alasan yang jelas di lakukan oleh pihak BNI. 


Koordinasi Lapangan (Korlap). Adimandra S. Pd "Rentetan persoalan yang ada di BNI Cabang Bima. Sampai detik ini tidak ada kejelasan yang real yang mampu di kekemukakan oleh pihak Direktur BNI. Dan saya harap kepada pihak Pemerintah Kota Bima. Segera Keluarkan rekomendasi pemecatan untuk direktur BNI". Ungkapnya. Kamis, 25/03/2021.


Setelah penyampaian orasi korlap. Selanjutnya Memberi kesempatan kepada Ketua Lp-Kpk. Untuk menyampaikan orasi ilmiahnya. Dan ketua Lsm ini menginstruksikan kepada massa aksi untuk memboikot jalan negara dan membakar ban motor di tengah jalan. Sehingga menyebabkan kemacetan panjang. 


Ketua Lp-Kpk Bima Ntb. Amirullah S. Ikom. "Jika persoalan ini tidak ada transparansi dari pihak direktur BNI Cabang Bima dan tidak mau keluar dan menganggapi massa aksi. Saya instruksi kan kepada seluruh masa aksi boikot jalan Negara. Ini Sebagai bentuk kekecewaan kami terhadap direktur BNI, yang tidak mampu bertanggung jawab terhadap persoalan yang di hadapi oleh semua Nasabah BNI ". Tuturnya


Setelah pemboikotan Jalan Raya yang berlangsung beberapa menit. Dan membuat kemacetan total akhirnya pihak kepolisian melerai massa aksi yang melakukan pemboikotan jalan. 


Dan selanjutnya massa aksi telah mempersiapkan kerandang mayat dan melakukan pembakaran kerandang tersebut dan bertuliskan BNI Cabang Bima. 


Direktur LPPK NTB. Akbar S. Ikom. "Jika kehadiran direktur baru BNI, menjadi bencana bagi seluruh nasabah dan menjadi biang terjadinya kehilangan uang di beberapa Rekening Nasabah. Maka saya instruksi kan kepada massa aksi bakar kerandang mayat. Dan pecat direktur BNI baru pembawa bencana bagi nasabah BNI." Ungkap melalui orasi nya.

 

Berlanjut pada aksi saling dorong di pintu gerbang BNI. Antara pihak Security dan massa aksi,  suasana sempat mencekam karana massa aksi mendorong paksa gerbang BNI dan di tahan oleh Security BNI. 


Sekretaris Jendral (Sekjen) Lp-Kpk. M. Yamin "Meminta kepada seluruh masyarakat kota dan kabupaten bima agar menarik diri dari Nasabah BNI Cabang Bima, guna terhindar dari segala jenis permasalahan yg ada saat ini, yaitu terkuras nya uang di rekening tabungan BNI tampa ada sebab yg jelas. Karena mengingat  beberapa nasabah sudah banyak yang kehilangan saldo nya tanpa sebab. Dan pihak BNI tidak mau bertanggung jawab atas hal itu. Tutup Sekjen Lp-Kpk Itu. 

Abdul Ghani Ketua BIMPAR NTB. Dalam orasinya menyampaikan "Kami dari koalisi tidak akan pernah berhenti melakukan aksi demonstrasi. Jika direktur BNI Cabang Bima tidak bertanggung jawab atas hilangnya uang nasabahnya. Dan sebagai bentuk perhatian kita terhadap seluruh nasabah BNI kita harapkan kepada direktur BNI. Membayar Ganti rugi uang nasabah yang hilang dan di lakukan Konferensi Pers secara terbuka sebagai bentuk pertanggung jawaban dan bentuk kejujuran serta bentuk rasa keadilan yang di miliki oleh direktur BNI. " Ucapnya


Lanjut dia, meminta dan berharap kepada seluruh Nasabah Bank BNI Cabang Bima, baik Kota maupun Kabupaten Bima, agar menarik diri dari Nasabah BNI Cabang Bima tersebut, karena sistim dan Pelayanan di pihak BNI Cabang Bima, baik di BNI Cabang itu sendiri maupun Unit-unitnya yang berada di Kecamatan-kecamatan se-Kota dan Kabupaten Bima, sudah banyak yang memakan korban terkait pemotongan uang Nasabah, tampa ada solusi dan penjelasan dari pihak Bank BNI Cabang Bima lebih-lebih dari pihak Direktur BNI itu sendiri, tegasnya.


Pertayaan? Apakah Nasabah Bank BNI Cabang Bima baik Kota maupun Kabupaten Bima terus-menerus menjadi korba lagi seperti sekarang, tentu tidak?


Dari pada Nasabah BNI Cabang Bima terus-terusan korban oleh Pihak Bank BNI Cabang Bima, dan Unit-unitnya, harap Ketua Bimpar, lebih baik undur diri dari Nasabah Bank BNI Cabang Bima. Tegas Abdul Ganis dalam orasinya di Depan Kantor Bank BNI Cabang Bima tersebut.


Ditambahkannya, masih banyak Bank-bank lain yang berada di Kota dan Kabupaten Bima untuk menjadi Nasabah Bank untuk menyimpan uang dan tabungan, dan tidak memotong uang seperti di BNI Cabang Bima, juga tidak ada solusi dan tanggungjawab dari Pihak Bank BNI dan Direktur Bank BNI Cabang Bima itu sendiri, tutupnya. 


Setelah aksi berlangsung beberapa jam dan suasana begitu tegang. Akhirnya massa pulang dan membubarkan diri. Dan mengecam jika direktur BNI Cabang Bima tidak di pecat. Maka akan melakukan aksi demonstrasi yang tak henti-henti, tutupnya, (Usman).