Luar Biasa, Upaya Tim Dikes Dompu Kunjungi Lokasi Pasung ODGJ
Cari Berita

Iklan 970x90px

Luar Biasa, Upaya Tim Dikes Dompu Kunjungi Lokasi Pasung ODGJ

Thursday, September 2, 2021

 

Upaya Memberikan Pelayanan Terbaik Tim Dinas Kesehatan Dompu Terhadap ODGJ yang Dipasung Selama 2 Tahun 


Dompu, Infobima.com - Beginilah lokasi kunjungan Tim penyakit tidak menular dan kesehatan jiwa dan tim seksi pelayanan kesehatan primer dan rujukan dari Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Dompu yang jarang terekspos di media saat mengunjugi Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang sedang dipasung bebas di so Ncaka Desa Mbuju, Kecamatan Kilo.


Upaya mereka dalam menyelamatkan nyawa manusia patut diapresiasi.


Dalam pantauan media ini pada Rabu 1 September 2021, kami bersama tim kesehatan (Dikes) mengunjungi lokasi pengasingan ODGJ yang jaraknya 150 meter dari jalan raya. Kami melintasi akses jalan yang berbatu dan tanjakan untuk mencapai lokasi tersebut.


Sempat terlintas dari benak kami untuk saling menanyakan tentang upaya tim medis Dompu dalam memenuhi pelayanan kesehatan bagi pasie-nya.


"Seperti inilah upaya mereka yang jarang kita ekspos" tanya "Emo", wartawan LensaPost kepada saya.



Sebelum sampai di lokasi, dari jarak belasan meter kami melihat pemandangan yang mencengangkan, di situ terlihat sosok seorang lelaki sedang menyendiri, duduk, sembari ia menikmati santapan sisa makanan disekelilingnya dengan mengenakan sehelai pakaian di badan tanpa menggunakan celana.


Dia berinisial RS (42 tahun). Diceritakan pihak keluarga bahwa RS mulai mengalami depresi seperti itu sejak dia tamat SMA, pihak keluarga mengaku sudah pernah mencoba untuk membawa berobat RS ke Rumah Sakit Jiwa namun hasil tetap seperti itu.


RS dipasung di tempat gubuk sendirian selama 2 tahun, akibat kelamaan dipasung sampai RS menderita kaku di bagian kaki hingga dia tidak bisa lagi untuk berdiri.


 Upaya tim Dinas Kesehatan Dompu dalam memberikan pelayanan terbaik buat pasiennya, mereka membawa beragam makan seperti, nasi bungkus, Snack dan lainya. Selain itu juga mereka mencukur rapi rambutnya dan memandikannya.


Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Anike Kusumawati, S.ST. M.Kes mengatakan. "Rencananya ini mau kita rujuk, cuma saat ini kita keterbatasan anggaran merujuk, tapi kedepan kita akan upayakan bagaimana caranya. Kita sudah tiga kali kesini, dan bahkan RS juga mungkin sudah kenal dengan kita" Katanya.(Din)