Mahasiswa KKN STIE Bima, Gelar Pelatihan dan Pendampingan Dalam Menggunakan Jejaring Sosial Bagi UMKM
Cari Berita

Iklan 970x90px

Mahasiswa KKN STIE Bima, Gelar Pelatihan dan Pendampingan Dalam Menggunakan Jejaring Sosial Bagi UMKM

Saturday, September 4, 2021

Kota Bima, Media Info Bima Online - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) STIE Bima Kelompok VII Anggkatan XIV Tahun 2021, menggelar kegiatan Pelatihan dan Pendampingan Dalam Menggunakan Jejaring Sosial Bagi UMKM" di Aula Kantor Kelurahan Sambinae Kecamatan Mpunda Kota Bima, Sabtu, (03/09/2021). Kegiatan Pelatihan tersebut dibuka secara resmi oleh Lurah Sambinae, Drs. Amiruddin, SE.

Selain dihadiri oleh Lurah Sambinae dan jajarannya, hadir Dinas Koperindag Kota Bima, diwakili oleh Edi Rahmat, SE, Dosen Pembimbing, Ismunandar, MM, Mulyadin, MH, Pelaku Usaha UMKM yang ada di Kelurahan Sambinae, serta Mahasiswa STIE Bima, serta elemen lainnya.

Lurah Sambinae Drs. Amiruddin, SE, mengucapkan terima kasih kepada Mahasiswa KKN STIE Bima, Kelompok VII Angkatan XIX Tahun 2021 Pelatihan dan Pendampingan Jejaring Bagi UMKM" sekaligus mendukung semua program kerja Mahasiswa tahun 2021 tersebut. Hal itu karena sangat tepat dengan kondisi di Kelurahan setempat.


“Kita akan terlibat langsung untuk membantu mewujudkan program yang dilaksanakan oleh Mahasiswa KKN STIE Bima,” akunya.


Amirudin, Mengungkapkan, Pemerintah Kelurahan Sambinae, sangat berharap kepada adik - adik mahasiswa KKN karena soal ekonomi merupakan jantung dari kesejahteraan masyarakat lebih khusus masyarakat di Kelurahan Sambinae.


Selama kalian berada disini, kami akan tetap membantu segala prospek adik-adik karena menyangkut kemajuan Kelurahan.


“Jangan pernah sungkan dalam mengutarakan hal apapun, kami akan terus membuka ruang untuk berdiskusi menyatakan pikiran bersama adik-adik, karena kita memiliki keinginan yang sama dan kita harus berjalan bersama,” singkat Lurah Sambinae. 


Selanjutnya kepada Pelaku Usaha UMKM yang ada di Kelurahan Sambinae, atau yang hadir dalam pelatihan ini, agar selalu manfaatkan momen dan pelatihan tersebut, sehingga bisa diterapkan ditengah-tengah masyarakat, lebih khususnya pada saat melakukan Usaha serta menjalankan usaha itu sendiri. Tutup Lurah Sambinae.

Sementara itu, Edi Rahman, SE, dari Dinas Koperindag Kota Bima, mengucapkan terima kasih banyak kepada Lurah Sambinae, Dosen Pembimbing, Pelaku Usaha UMKM, dan adik - adik Mahasiswa KKN STIE Bima, yang melaksanakan Pelatihan dan Pendampingan Dalam Menggunakan Jejaring Sosial Bagi UMKM tersebut.


Edi Rahman, dalam Pemaparan bahwa, selaku pemateri pada kegiatan itu masalah-masalah yang sering pada UMKM yaitu pengelolaan keuangan yang buruk, kurangnya modal, distribusi yang tidak tepat sasaran, kurangnya inovasi produk, tidak mau mengenal pemasaran online, pembukuan masih manual, kurangnya manajemen waktu, dll.


Edi Rahman ini juga menyampaikan “masyarakat penggiat UMKM harus melek terhadap perubahan, mau menerima saran, mau untuk belajar dan melakukan hal-hal yang baru misalnya membuat video iklan sendiri dan memposting produk produknya ke dalam sosial.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Dosen Pembimbing KKN STIE Bima, Ismunandar, M.M, didampingi oleh Mulyadin, MH, Mewakili Kampus STIE Bima, mengucapkan terima kasih banyak kepada Lurah Sambinae, Edi Rahmad, SE, dari Dinas Koperindag Kota Bima, Pelaku Usaha UMKM, serta adik - adik Mahasiswa KKN STIE Bima, yang menggelar Pelatihan dan Pendampingan Dalam Menggunakan Jejaring Sosial Bagi UMKM ini. 


Selaku Mewakili Kampus STIE Bima, menyampaikan bahwasannya dalam berbisnis online, kita harus bisa memahami media yang digunakan, segmentasi pasar, bisa menjalankan fungsi manajemen, dan yang paling penting adalah komitmen dalam menjalankan bisnis. Salah satu peserta pelatihan Sholihatun (30) berharap bahwa pelatihan ini tidak berakhir sampai disini.

Akan tetapi ada follow up baik dari tim KKN maupun Pemkel berupa pendampingan pada UMKM sehingga dapat membantu menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh pelaku UMKM. 


Dari tim KKN STIE Bima juga berharap kegiatan ini dapat membangun pola pikir para pelaku usaha dalam menjalankan dan mengatur manajemen perencanaan usahanya. 


Sehingga masyarakat Kelurahan Sambinae memiliki kecakapan dalam berwirausaha. Selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Ismunandar berpesan agar KKN benar-benar digunakan mahasiswa untuk melakukan pengabdian di masyarakat. Selain itu, kegiatan dalam bentuk apapun harus memenuhi standar protokol kesehatan. Tutup Ismunandar, 

Kegiatan dilanjutkan dengan usul - saran oleh Pelaku Usaha UMKM, dan foto bersama dengan Narasumber UMKM serta Mahasiswa KKN STIE Bima. (Usman).