Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-93, Bupati Dompu Sampaikan Amanat Menpora
Cari Berita

Iklan 970x90px

Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-93, Bupati Dompu Sampaikan Amanat Menpora

Thursday, October 28, 2021

 

Memperingati hari sumpah pemuda ke 93, Pemerintah Kabupaten Dompu Gelar Upacara di Aula Pandopo Bupati


Dompu, Infobima.com - Pemerintah Kabupaten Dompu melaksanakan kegiatan upacara memperingati hari sumpah pemuda yang ke 93 tahun 2021, berlangsung di aula Pandopo Bupati, pada Kamis, (28/10/21) pukul 08.00 wita. 


Hadir dalam kegiatan ini Bupati Dompu, Kader Jaelani, Wakil Bupati Dompu, H. Sahrul Parsan, ST.MT, Ketua DPRD, Andi Bachtiar, And, Par. Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat, SIK, Dandim 1614/Dompu,  Letkol Inf Ali Cahyono, S.Kom, Kepala Kejaksaan Negeri Dompu, Mei Abeto H. SH, Sekda Dompu, Gatot Gunawan Perantauan Putra, SKM, M.MKes, Staf Ahli Bupati, Asisten, Pimpinan OPD, Kabag Lingkup Setda,Ketua Pengurus Organisasi Wanita dan elemen Pemuda Se-Kabupaten Dompu.


Pada pelaksanaan upacara tersebut, Bupati Dompu Kader Jaelani bertindak sebagai Inspektur Upacara dan menyampaikan Amanat Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dr. Zainuddin Amali, M. Si.


Merilis apa yang disampaikan Menpora, Hari Sumpah Pemuda Ke-93 tahun ini mengambil tema "Bersatu, Bangkit dan Tumbuh".


Bupati Dompu mengatakan bahwa tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam sumpah pemuda. Bahwa hanya dengan bersatu kita dapat mewujudkan persatuan ini, ulang Bupati AKJ dalam amanat tertulis Menpora Zainuddin Amali.


Kembali Bupati Dompu menekankan sebagaimana yang disampaikan Menpora, bahwa tema Bersatu, Bangkit, dan Tumbuh ini sesungguhnya diperuntukan untuk seluruh elemen Bangsa, tetapi pemuda menjadi penting karena di tangan pemuda lah kita berharap Indonesia bisa bangkit dari keterpurukan akibat pandemi dan melangkah lebih maju untuk menggerakkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.


Kalau pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur, menuju persatuan dan kesatuan bangsa, maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia, memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspirasi serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan global demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik.


Momentum Hari Sumpah Pemuda yang kita peringati hari ini, harus mampu menjadi perekat persatuan kita, sebagai bangsa untuk bersama-sama bangkit melawan pandemi, serta mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang kokoh melalui kewirausahaan.


Persatuan bangsa Indonesia sejak 93 tahun yang lalu ialah bukti bersatunya pemuda Indonesia, tanpa persatuan pemuda, bangsa Indonesia tidak kita nikmati hari ini, dengan keterbatasan media komunikasi, terbatasnya transportasi dan media koneksi lainnya tidak mengurangi semangat pemuda mulai dari Maluku sampai Aceh, semua berjumpa untuk merumuskan komitmen kebangsaan menuju kedaulatan. Tanah air satu, bahasa satu, bangsa satu, Indonesia.

 

Persatuan pemuda dimasa sekarang juga menjadi penentu kemajuan bangsa Indonesia hari ini dan tetap eksisnya bangsa Indonesia di masa yang akan datang, berbagai fasilitas mempersatukan pemuda yang ada di sekeliling kita semua, ada media komunikasi yang tanpa batas, koneksi transportasi dari Sabang sampai Merauke dan fasilitas lain yang mengindikasikan hilangnya sekat-sekat jarak antar anak bangsa, seringkali media digital dijadikan fasilitas tersebut seringkali menjadi fasilitas destruktif perpecahan anak bangsa, seringkali media digital dijadikan fasilitas berkonflik, menebar kebencian, dan memupuk keretakan. Lanjutnya persatuan menjadi syarat mutlak sebuah loncatan perubahan dan menghadapi berbagai tantangan ke depan, tantangan bagi Bangsa Indonesia khususnya bagi para pemuda tentunya tidak semakin ringan, akan tetapi dengan komitmen bersatu dalam keragaman menjadi modal sosial dalam menghadapi berbagai hambatan dan tantangan bangsa kedepan.



Berikutnya hal penting lainnya yang disampaikan Bupati AKJ sesuai amanat tertulis Menpora Zainuddin Amali, bahwa penanganan covid-19 menunjukan hasil menggembirakan, pencapaian ini tentunya bukan saja kerja pemerintah sendiri, akan tetapi partisipasi seluruh lapisan masyarakat terutama peran para relawan, ketaatan masyarakat terhadap protokol kesehatan dan juga kerja keras para tenaga medis.

Pencapaian ini menjadi momentum segera bergerak tumbuh secara ekonomi khususnya ekonomi yang mendorong kemandirian pemuda dalam mensejahterakan bangsa Indonesia secara keseluruhan terutama memulihkan kondisi ekonomi para pemuda sebagai segmen yang paling terdampak oleh situasi covid-19, jelas Bupati AKJ.


Diakhir sambutan,Bupati AKJ menegaskan kembali penyampaian Menpora, bahwa berbagai upaya yang telah dilakukan tidak akan terdampak maksimal tanpa adanya dukungan dari semua pihak, khususnya bersatunya niat dan ikhtiar para pemuda dalam turut serta membangun bangsa ini secara bersama-sama. 



Pelaksanaan kegiatan upacara penyambutan Hari Sumpah Pemuda Ke-93 tahun 2021 tingkat Kabupaten Dompu berjalan khidmat, tertib, aman dan lancar dengan mematuhi prokes dan diakhiri dengan penyerahan penghargaan "KNPI Award" yang diserahkan kepada Inspektur Inspektorat Kabupaten Dompu, Drs. H. Muhibuddin, M.Si, Kapolres Dompu, AKBP Syarif Hidayat, SH.MH, Ketua KPU, Drs. Arifuddin, Tokoh Teladan Daerah,  Ketua TP PKK Dompu Lilis Suryani Kader Jaelani, Tokoh Muda Fenomenal yang juga Ketua KONI Dompu, Putra aufan, SH.MH, dan Tokoh Pemuda Inspirator, Edi Setiawan, S.Pd.ADV(Tim)