Bupati Dompu Pimpin Khutbah Sholat Idul Fitri 1443 H, Ini Disampaikannya
Cari Berita

Iklan 970x90px

Bupati Dompu Pimpin Khutbah Sholat Idul Fitri 1443 H, Ini Disampaikannya

Thursday, May 5, 2022

 


Dompu, Infobima.com - Pemerintah Kabupaten Dompu melaksanakan sholat Idul Fitri 1443 Hijriah tahun 2022 di Lapangan Beringin.


Momen tersebut hadir Bupati Dompu Kader Jailani bersama Wakil Bupati Dompu didampingi Sekda Dompu, Gatot Gunawan Perantauan Putra, SKM., M.MKes serta Pimpinan dan Anggota DPRD, Anggota Forkompimda, Staf Ahli Bupati, Asisten, Pimpinan OPD, Kepala Bagian Lingkup Setda, Pejabat Struktural dan Fungsional, Insan Pers, serta elemen masyarakat umum.


Dalam amanatnya Bupati Dompu yang akrab disapa Bupati AKJ menyebut, sejak tadi malam telah berkumandang alunan suara takbir, tasbih, tahmid dan tahlil sebagai bentuk ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT atas kemenangan besar yang diperoleh setelah menjalankan ibadah puasa ramadhan selama satu bulan penuh.


Takbir ditanamkan ke dalam lubuk hati sebagai pengakuan atas kebesaran dan keagungan Allah SWT, sedangkan selain Allah tidak ada satu zat pun yang layak untuk disembah atau diagungkan dan tidak ada sekutu bagi-Nya. Kalimat Tasbih dan Tahmid, ditujukan untuk mensucikan Allah SWT dan segenap yang berhubungan dengan-Nya.


Lanjutnya Sholawat serta Salam mari dicurah limpahkan kepada junjungan alam Nabi Besar Muhamamd SAW beserta keluarga, dan para sahabatnya. Kemudian juga kepada seluruh umatnya yang selalu istqomah menjalankan sunah-sunah-Nya, semoga kita yang hadir disini selalu mendapatkan syafa’at dari baginda Rasulullah SAW.


Lanjut Bupati menyampaikan, setelah satu bulan penuh kita menunaikan ibadah puasa dan atas karunia-Nya pada hari ini kita dapat berhari raya bersama, maka sudah sepantasnya pada hari yang bahagia ini kita semua bergembira, merayakan sebuah momentum kemenangan, dan banyak pelajaran, hikmah, faidah dan fadhilah yang dapat kita petik untuk menjadi bekal dalam mengarungi kehidupan yang akan datang.


“Setelah semua cobaan dapat dilewati, pernahkah kita memperhatikan aspek sosial ramadhan, semua orang pernah merasa kenyang tapi tidak semuanya pernah merasakan lapar. Lihatlah diri kita, bukankah seringkali kita merasa paling besar, jumawa seolah-olah semua manusia lainya lebih kecil dan harus takluk dihadapan kita. Kita berlagak seolah kita adalah tuhan yang kuasa atas segala keadaan”, tuturnya.



Ditambahkannya tidakkah kita sadar, bahwa kita sesungguhnya tidak lain adalah makhluk yang sangat-sangat kecil dan lemah, maka kepada siapa lagi kita berharap selain kepada Allah SWT yang telah menciptakan kita dan dengan kasih sayang Allah-lah kita diberi kesempatan menikmati hidup, masih diberikan kesempatan untuk bersujud, dan rukuk. Janganlah karena perilaku kita menjadikan Allah murka dan membuat terhalang menuju surga-Nya.


Berikutnya lagi Bupati AKJ merefleksi pelaksanaan kegiatan idhul fitri yang berlangsung. “Bagi kita masyarakat Kabupaten Dompu, puasa tahun ini terasa sangat berbeda. Ramadhan tahun ini terasa lebih membahagiakan karena limpahan karunia rejeki dari Allah yang maha kaya. kita berpuasa dalam waktu yang bersamaan dengan menikmati hasil-hasil panen yang melimpah”, ungkapnya.


Sebut Bupati AKJ lagi, perayaan idul fitri kali ini menjadi hal yang membahagiakan dibandingkan dengan perayaan idul fitri dua tahun sebelumnya, karena pandemi covid-19, berbagai aktivitas baik di saat dan setelah ramadhan  berlangsung lebih  banyak dilakukan di rumah.


“Tahun ini kita dapat melaksanakan ibadah sholat idul fitri secara berjama’ah baik dilapangan maupun di masjid-masjid terdekat, dan juga dapat bersilaturahim antara satu dengan lainnya, yang membuat suasananya semakin semarak serta khidmat dan apa yang dianugrehkan ini menjadi hal yang patut kita syukuri bersama” terangnya.


Berikutnya Bupati AKJ dalam momen ini juga menyampaikan kabar baik terkait covid-19. “Saat ini Kabupaten Dompu berda pada level 1 PPKM, dengan level ini daerah kita diberikan kelonggaran dalam melakukan aktifitas kemasyarakatan sehari-hari dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan”, tandasnya.


Lanjutnya lagi terakit dengan hal tersebut capaian total vaksinasi dosis pertama sebesar 184.484 (Seratus Delapan Puluh Empat Ribu Empat Ratus Delapan Puluh Empat) Jiwa atau sebanding dengan 105,74 Porsen (Seratus Lima Koma Tujuh Puluh Empat Porsen), Dosis Kedua sebanyak 174.456 (Seratus Tujuh Puluh Empat Ribu Empat Ratus Lima Puluh Enam) Jwa atau setara dengan 99,99 porsen (Sembilan Puluh Sembilan Koma Sembilan Puluh sembilan Porsen), Dosis Ketiga (Booster) sebesar 54.717 (Lima Puluh Empat Ribu Tujuh Ratus Tujuh Belas) Jiwa atau setara dengan 31,36 Porsen (Tiga Puluh Satu Koma Tiga Puluh Enam Porsen).


Atas pencapaian tersebut Bupati Dompu menyampaikan apresiasi kepada berbagai pihak. “Saya atas nama pemerintah dan masyarakat Dompu menyampaikan ucapan terima kasih khusus kepada Kapolres Dompu beserta seluruh jajaranya, Dandim 1614/Dompu beserta jajaranya, Forkopimda, Pimpinan dan Anggota DPRD, keluarga besar Dinas Kesehatan, Tenaga Medis sampai ketingkat bawah, Unsur Badan Intelijen Negara (BIN) NTB, maupun Tim Percepatan Penanganan Covid-19 Tingkat Kabupaten Dompu yang telah bekerja dengan cepat, tepat dan ikhlas sehingga Dompu dapat mencapai level 1 untuk PPKM. Apresiasi juga saya sampaikan kepada seluruh ASN, Insan Pers, Cetak dan Elektonik serta seluruh masyarakat yang telah menyukseskan program vaksinasi.


Selanjutnya Bupati mengemukakan setelah ramadhan berlalu tentu akan banyak tugas dan pekerjaan yang harus diselesaikan baik dibidang pembangunan, pemerintahan, ekonomi dan pelayanan publik yang bertujuan untuk membawa kebaikan bagi daerah dan seluruh masyarakat, untuk itu saya minta tetap mengedepankan semangat kebersamaan, gotong royong, kekeluargaan, kerjasama, kolaborasi dan sinergisitas dari seluruh elemen bangsa.


Kata Bupati AKJ untuk mewujudkan pelayanan pablik yang prima, birokrasi yang bersih dan beriontasi melayani rakyat perlu ditanamkan nilai-nilai dasar “ASN Berakhlak” yang berorientasi pada pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif dan kolaboratif serta memperkuat zona integritas pada masing-masing organisasi perangkat daerah.


Berikutnya lagi dalam memen yang berbahagian tersebur Bupati  menyampaikan informasi bahwa Rumah Sakit Pratama Manggelewa telah memenuhi syarat untuk menjadi Rumah Sakit umum Daerah (RSUD) dengan ‘Tipe D’.


“Insya Allah dengan perubahan status tersebut, akan mempermudah akses masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang bermutu dan terjangkau yang dilaksanakan secara serasi dan terpadu”, terangnya.


Berkaitan dengan Program Jarapasaka menuju Dompu Mashur, Bupati AKJ optimis program dimaksud akan berjalan sesuai dengan rencana kerja jangka menengah daerah dengan tujuan akhirnyta nanti adalah meningkatkan pendapatan asli daerah dari sektor jarapasaka melalui pasaka desa, dan yang lebih penting adalah meningkatkan daya beli masyarakat menjadi 15 Juta Rupiah.


“Untuk menyukseskan program tersebut, Pemerintah Daerah hadir dengan memfasilitasi dan menyediakan kebutuhan yang terkait dengan kemudahan proses bisnis dengan fokus pada pembenahan kelembagaan serta peningkatan kapasitas SDM, pengembangan model dan penciptaan siklus ekonomi masyarakat berbasis potensi lokal”, tuturnya.


Ditambahkannya dari progres pelaksanaan program prioritas pembangunan daerah selama ini, kami sadar masih perlu kerja keras, kerja ihlas dan kerja bersama dari kita semua, untuk itu, saya mengajak kepada seluruh jajaran pemerintah untuk terus menigkatkan kinerja kita dalam membangun daerah demi kesejahteraan masyarakat bumi nggahi rawi pahu.


Terkait dengan berbagai permasalahan sosial yang muncul ditengah kehidupan masyarakat seperti adanya kenakalan anak remaja, pergaulan bebas hingga penyalahgunaan narkoba, Bupati ajak seluruh elemen masyarakat untuk dapat mewaspadai hal tersebut.


“Kepada masyarakat, khususnya para orang tua untuk selalu mengawasi pergaulan anak-anak, agar terhindar dari tindak kiriminalitas seperti kasus panahan, penggunaan narkoba, pergaualan bebas dan tindak kekerasan lainnya, sehingga anak-anak kita tidak terjerumus pada hal-hal yang negatif, yang dapat merusak masa depannya sebagai generasi penerus bangsa dan daerah ini”, harapnya.


Berikutnya untuk segenap masyarakat dompu dari perantauan dan kini tengah berada di Kabupaten Dompu, Bupati AKJ menyampaikan ucapkan selamat datang dan selamat menikmati hari-hari bersama keluarga, saudara, teman dan handaitaulan lainya.


“Saya berharap kepada saudara-saudara sekembalinya nanti, dari daerah ini untuk dapat melakukan hal-hal hebat dalam mendukung kemajuan Dompu yang kita cintai ini”, harapnya.


Lanjutnya kepada semua pihak yang telah berkontribusi terhadap pelaksanaan pembangunan pemerintah dan masyarakat Kabupaten Dompu, Bupati juga menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya.


“Kepada seluruh elemen masyarakat yang telah ikut berkontirbusi bagi kemajuan daerah saya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tulus, secara khusus saya ucapkan terima kasih kepada Pimpinan dan Anggota DPRD, Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, TNI/POLRI, seluruh ASN, Insan Pers serta seluruh lapisan masyarakat atas terciptanya ketertiban umum daerah yang kondusif, terutama dari awal ramadhan sampai dengan saat ini dan saya harapkan kepada masyarakat agar dapat menyelesaikan setiap masalah dengan jalan musyawarah dan mufakat, agar kehidupan yang aman, nyaman dan tentram tetap terjaga dengan baik”, sebutnya.


Diakhir sambutannya Bupati AKJ menyampaikan harapan semoga Idul Fitri tahun ini memberikan banyak berkah kebaikan bagi seluruh lapisan masyarakat daerah ini.


“Semoga di Hari Raya Tahun ini, kita semua kembali kepada fitrah, sehingga mencapai kebahagiaan dan kesuksesan lahir batin yang selalu kita harapkan, sesuai dengan petunjuk ilahi, dan marilah kita bersyukur atas segala rahmat dan karunia – nya”, ucapnya.


Lanjutnya menyebut semoga Allah SWT selalu memberikan ridho, rahmat dan hidayah atau bimbingan kepada kita semua untuk membangun Kabupaten Dompu, menjadi daerah yang mandiri, sejahtera, unggul dan religius”, ungkapnya.(Prokopim)