Pengamatan Sirajudin: Dompu Masih Jalan Ditempat
Cari Berita

Iklan 970x90px

Pengamatan Sirajudin: Dompu Masih Jalan Ditempat

Tuesday, October 11, 2022

 

Foto: Sirajudin, SH, Anggota DPRD Provinsi NTB 

Dompu, Infobima.com - Hampir memasuki tahun ke dua kepempimpinan pemerintah AKJ-Syah di Daerah Bumi Nggahi Rawi Pahu ini dinilai masih jalan ditempat. Senin 10 Oktober 2022.


Hal itu diungkap Sirajudin, SH, salah satu anggota DPRD Provinsi NTB. Dia menilai, hingga saat ini Pemerintah Daerah sekarang belum ada langkah inovasi yang dilakukan untuk memberikan kontribusi terhadap peningkatan kesejahteraan rakyatnya.


"Kalau menurut saya barang ini masih jalan ditempat, ini pengamatan saya, saya bicara ini selaku kapasitas sebagai warga daerah Dompu, bukan kapasitas sebagai DPRD Provinsi" Ungkap Sirajudin.


Seharusnya menurut dia, ada sinergitas antara pimpinan daerah dengan DPRD sebagai penyelenggara pemerintahan, mereka harus mampu menyikapi kondisi daerah saat ini, dengan kapasitasnya yang bisa mengarahkan untuk hal-hal yang semata-mata bisa untuk kemaslahatan umat, terutama untuk kemaslahatan masyarakat Bumi Nggahi Rawi Pahu. 


"Seharusnya mereka bisa seperti Polri, kalau polri mempunyai Presisinya, dan daerah juga harus mempunyai brand yang memberikan perubahan bagi sektor kehidupan" Jelasnya.


Indikatornya, Sirajudin memberikan contoh perubahan seperti yang dilakukan pemerintah sebelumnya, yang ketika itu langsung menyuguhkan program jagung kepada masyarakat, dan hingga kini masih sukses dilanjutkan pemerintah sekarang.


Mengamati sebagai anggota DPRD Provinsi dengan Komisi satunya, yang membidangi Pemerintahan, Sirajudin, SH menyarankan, agar para eksekutif dan legislatif Daerah tidak terlalu mesra, karena kapasitas DPRD itu tidak boleh lepas dari tiga fungsi utamanya sebagai Budgeting, Pengawasan dan Legislasi.


"Kemesraan itu bisa dijalin oleh eksekutif dan legislatif, tapi dengan tataran dan norma-norma yang terukur, karena lembaga DPRD itu adalah Lembaga pengawasan, tidak lebih dari itu" Cetusnya.(D)