Bangkit Bersama Jara Pasaka Menuju Dompu "MASHUR"
Cari Berita

Iklan 970x90px

Bangkit Bersama Jara Pasaka Menuju Dompu "MASHUR"

Saturday, December 3, 2022

 

Gambar: Gedung Paruga Parenta Nggahi Rawi Pahu, (Pemda) Kabupaten Dompu 


Dompu, Infobima.com - Jagung, Porang, Padi Sapi dan Ikan (Jara Pasaka), merupakan program unggulan Bupati Dompu H. Kader Jaelani yang sudah dituangkan dalam RPJMD tahun 2021-2026.


Dengan program "Jara Pasaka" tersebut, Pemerintah Kabupaten Dompu telah banyak berupaya untuk mencapai kesuksesan program ini, mulai dari rapat koordinasi yang melibatkan seluruh unsur pimpinan OPD, sampai evaluasi pelaksanaan kegiatan yang mendukung program tersebut. Tujuannya, demi mencapai "Dompu MASHUR".


"Dompu MASHUR" sendiri, merupakan singkatan dari Dompu yang maju, sejahtera, unggul dan religius. Ini yang ingin dicapai oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu dibawah kendali Bupati, H. Kader Jaelani dan Wakil Bupati, H. Sahrul Parsan, ST.MT.


Program Jara Pasaka, akan memberikan kontribusi besar bagi peningkatan ekonomi daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, seperti yang pernah diungkap Bupati Dompu di beberapa kesempatan. Dari itu, Bupati mengajak masyarakat Dompu untuk sama-sama mensukseskan program Jara Pasaka ini.


Pemerintah Kabupaten Dompu sangat serius dalam mensukseskan program tersebut, bagai mana tidak? Terlihat dari upaya dilakukan Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) yang terus memaksimalkan peran dan tugasnya dalam mewujudkan perubahan dan kemajuan nyata di bidang pertanian dan perkebunan melalui pengembangan Jagung, Porang dan Padi.


Ada dua ujung target dari RPJMD tahun 2026 untuk skenario Jara Pasaka, yang pertama,  peningkatan daya beli masyarakat, dan kedua, peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).



 Program "JARA PASAKA" tidak hanya sebagai usaha tani dan agribisnis berbasis potensi dan keunggulan komoditi yang ada di desa-desa saja, tetapi "JARA PASAKA" juga sebagai sebuah upaya pembenahan kelembagaan ekonomi masyarakat. 


Besarnya potensi juga yang bisa dimanfaatkan sebagai daya dorong pertumbuhan ekonomi, terutama di bifsng agribisnis, maka Pemerintah Daerah optimis dengan dukungan seluruh komponen masyarakat Kabupaten Dompu, dan dukungan penuh dari seluruh anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Dompu, sehingga bisa mempercepat pemulihan ekonomi masyarakat.


Dapat juga dilihat, bahwa hingga saat ini program Jara Pasaka perlahan mulai terlihat mampu meningkat taraf kehidupan masyarakat, itu disebabkan tingginya harga jagung diawal kepemimpinan AKJ-SYAH, hingga membuat pertumbuhan ekonomi Dompu mengalami kenaikan dari 1,68 persen menjadi 4,89 persen, padahal sebelumnya sudah minus 3,21 persen akibat pandemi Covid 19.(Din)



Karya Jurnalis


Nama : Supriadin

Media Online: infobima.com

Alamat: Rasana,e, Desa Bakajaya

Nomor Hp: 082145698995