Publik Menyoroti Mutasi Lingkup Pemda Dompu, "Pejabat Promosi Banyak Keluarga Pejabat"
Cari Berita

Iklan 970x90px

Publik Menyoroti Mutasi Lingkup Pemda Dompu, "Pejabat Promosi Banyak Keluarga Pejabat"

Thursday, January 26, 2023

 

Foto: Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (PSDM) Kabupaten Dompu, Drs. Arif Munandar.


Dompu, Infobima.com - Penilaian publik bahwa, sebagian besar dari pejabat eselon 3 yang dipromosikan pada rotasi dan mutasi jabatan yang dilakukan Bupati Dompu pada Rabu 25 Januari 2023 kemarin, dinilai sebagian besar merupakan keluarga besar dari orang tertinggi di Daerah Bumi Nggahi Rawi Pahu itu sendiri.


Banyak dugaan, jika sederet nama sengaja dipasang untuk mengamankan kebutuhan Pemilukada tahun 2024 mendatang. Namun, tudingan tersebut ditepis oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (PSDM) Kabupaten Dompu, Drs. Arif Munandar, saat ditemukan media ini di ruang kerjanya, Kamis 26 Januari 2023.


Arif mengatakan jika rotasi, mutasi yang dilakukan itu sudah sesuai berdasarkan tuntutan organisasi kepemerintahan melalui hasil evaluasi kinerja, disiplin dan sistem pengamatan yang dilakukan.


"Tidak ada yang diangkat dengan unsur keluarga, kita menilai mereka  semuanya dari sisi kompetensi dan kemampuan mereka, jadi, yang kita utamakan itu managerial dan skillnya" Kata Arif.


Kepala BKD dan PSDM Dompu juga menampik, kalaupun ada keluarga dari Bupati atau Wakil Bupati yang dipromosikan pada Mutasi kemarin, tentu bukan dari unsur kekeluargaan yang dijadikan pertimbangan untuk mempromosikan orang tersebut, melainkan dari managerial dan skillnya yang dibutuhkan.


"Saya bisa pastikan bahwa mutasi kemarin itu tidak ada unsur keluarga, insya Allah Bupati ini sangat mengedepankan profesionalitas" Kaitannya.


Seperti yang diketahui, Bupati Dompu H. Kader Jaelani telah melakukan mutasi dan rotasi terhadap 135 pejabat eselon 2, 3 dan eselon 4 pada Rabu 15 Januari 2023. Hal itu dilakukan sebagai upaya penyegaran birokrasi yang dilakukan.(D)