Babinsa Adu Lakukan Pengecekan Langsung Hewan Ternak Warga Dari Penukaran PMK
Cari Berita

Iklan 970x90px

Babinsa Adu Lakukan Pengecekan Langsung Hewan Ternak Warga Dari Penukaran PMK

Sunday, May 21, 2023

 


Dompu, Infobima.com - Babinsa Desa Adu Serka Landa melaksanakan kegiatan pemantauan dan pengecekan secara langsung terhadap hewan ternak di wilayah Desa binaan guna mengantisipasi dan mencegah penularan wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) terhadap hewan ternak terutama pada Sapi, Sabtu 20 mei 2023.


Kegiatan kontrol dan pemantauan tersebut bertujuan untuk pendataan hewan ternak di wilayah binaan dalam keadaan baik dan sehat, Tidak terjangkit penyakit PMK,  sesuai surat edaran dari Dinas Kesehatan, Wabah PMK Jenis penyakit ini disebabkan dari virus yang bisa menyerang pada hewan ternak berkaki empat atau hewan ternak besar khususnya sapi.


Kami juga menghimbau kepada warga peternak untuk dapat menjaga kebersihan kandang dan lingkungan serta juga harus bisa mengenali gejala dan ciri-ciri hewan ternak yang tertular wabah tersebut. 


Babinsa juga menyampaikan kepada warga peternak agar tidak takut melaporkan ke petugas, jika didapati kesehatan hewan ternak sapinya agak menurun agar secepat mungkin dapat diantisipasi terjangkitnya penyakit mulut dan kuku maupun penyakit hewan yang lainya.(D)