Kasad Award 2023: TNI-AD Apresiasi Kepada Media Bersama Merawat Bangsa
Cari Berita

Iklan 970x90px

Kasad Award 2023: TNI-AD Apresiasi Kepada Media Bersama Merawat Bangsa

Tuesday, July 11, 2023

 

Suasana di ruang rapat Dandim 1614 Dompu, saat video live acara Kasad Award 2023


Dompu, Infobima.com - Komandan Kodim 1614 Dompu, Letkol Kav Riyan Oktiya Virajati, S.T., M.M, mengundang sejumlah pimpinan media online di Dompu yang banyak memberitakan tentang kesenjangan sosial masyarakat, baik soal pendidikan, kesehatan dan kebudayaan, yang berhubungan dengan kegiatan TNI-AD selama tahun 2022-2023. TNI-AD apresiasi karena media merawat bangsa.


Undangan khusus tersebut, guna mengikuti acara Kasad Award 2023 melalui video langsung dari Kodam IX/Udayana, di ruang rapat Dandim 1614 Dompu, pada Senin malam 10 Juli 2023, yang dimulai pada pukul 09:30 WITA.


Kasad Award 2023 yang digelar Kodam IX/Udayana ini, untuk memberikan apresiasi kepada Media Nasional, Media Daerah, dan Media Kampus yang selalu memberitakan setiap upaya dalam mengatasi persoalan-persoalan ditengah masyarakat.


Ada 10 kategori pemberitaan yang mengacu dewan penilai untuk bisa masuk nominasi, dan mendapat penghargaan ini.


Kategorinya?

- Keberagaman dan toleransi

- Melawan Radikalisme

- Inovasi Digital

- Solidaritas Internasional

- TNI-AD ditengah kesulitan rakyat

- Pembangunan di daerah 3T

- Perlindungan Anak

- Menekan Stunting

- Pelestarian Kebudayaan 


Sementara dewan juri yang akan menilai pemberitaan tersebut terdiri dari. 

- Ketua Dewan Juri, Ninink Rahayu (Ketua Dewan Pers).

- Peneliti Komunikasi, Effendi Gazali

- Kadispen TNI-AD Brigjend TNI Hamim Tohari

- Ketua Umum (Amsi) Asosiasi Media Siber Indonesia, Wanseslaus Manggut

- Media Massa, Kompas, Sonya Hellen

- Media Massa Tempo, Arif Zulkifli 

- Ketua Badan Pengurus Setara Institute, Ismail Hasani.


Dari proses itu, tercatat ada tiga juta pemberitaan dalam periode 2022 sampai 2023, kemudian diseleksi, apakah media tersebut terverifikasi oleh dewan pers (kecuali media kampus), dan kuantitas atau jumlah pemberitaan yang berhubungan dengan kategorisasi. Dari hasil itu, terdapat 72 finalis, dan dewan juri telah menetapkan 24 pemenang.


TNI-AD berharap, penghargaan ini dapat memotivasi media dan membuka pengetahuan masyarakat luas tentang berbagai isu penting yang ada ditengah kita, dengan ini, TNI-AD hadir memberikan solusi,.


Dalam hal ini, Dandim 1614 Dompu, Letkol Kav Riyan Oktiya Virajati, S.T., M.M, juga ikut memberikan apresiasi kepada pimpinan media online seperti Pimpinan Koran Lensapost.com, Pimpinan media Topikbidom.com dan pimpinan media Infobim.com. Apresiasi itu melalui keterlibatan dalam undangan Kasad Award 2023, dan penyambutan hangat yang penuh keakraban pada momen itu 


Di momen itu juga dihadiri oleh, PLH Sekda Dompu Ir. Ruslan, Kapolres Dompu, diwakili Wakapolres Dompu, Kompol Abdi M, Kajari Dompu, dan perwakilan DPRD Dompu.